Studi Tentang Pengelolaan Tutorial Tatap Muka (TTM) Program Studi D2 Perpustakaan Di UPBJJ-UT Yogyakarta

Sahadi, and Triyono, (2012) Studi Tentang Pengelolaan Tutorial Tatap Muka (TTM) Program Studi D2 Perpustakaan Di UPBJJ-UT Yogyakarta. Project Report. Universitas Terbuka, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2012_40.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendapatkan informasi sejauh mana pengelolaan pelaksanaan kegiatan TTM bagi mahasiswa program D2 Perpustakaan di UPBJJ-UT Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai informasi atau masukan bagi , Fakulatas Sosial Politik serta Universitas Terbuka pada umumnya. Selanjutnya diharapkan dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk mengevaluasi kebijakan yang berhubungan dengan TTM. Oteng Sutisna menyatakan pengelolaan berhubungan dengan menejemen , karena istilah pengelolaaan itu sendiri makna dari menejemen. Dalam arti luas dapat sebagai upaya menerapkan konsep administrasi dalam bidang pendidikan. Pengelolaan pendidikan meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengerahan, pengawasan dan pengembangan. Responden penelitian ini adalah 1033 mahasiswa program D2 Perpustakaan masa registrasi 2012.1, 23 pengelola daerah, 127 tutor wilayah kabupaten tersebar diwilayah kabupaten Gunungkidul, Sleman, Bantul, Purworejo dan Magelang. Metode penelitian menggunakan mrtode samplin. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Angket akan diagikan diuji vaiditas isi dan relnyiabelitas dengan tehnik ulang diuji dengan rumus Rulon. Hasil penelitian ini dari tahap persiapan TTM yang dilakukan oleh petugas UPBJJ telah melaksanakan tugas dengan baik dan benar menggunaka form SIMINTAS TU namun ada sedikit catatan tentang distribusi jadwal sampai kepada pengelola, mahasiswa dan tutor terlambat disamping itu terdapat rekrutmen sebagian tutor tidak relevan dengan mata kuliah yang diampu. Tahap pelaksanaa TTM 87 % mahasiswa nilai TTM baik. Tahap monitoring telah dilakukan oleh staf UPBJJ dengan baik namun intensitas dan kualitas perlu ditingkatkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2012_40
Uncontrolled Keywords: pengelolaan TTM, D2 Perpustakaan Universitas Terbuka, tutorial
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2016 03:22
Last Modified: 25 Jul 2019 07:16
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5624

Actions (login required)

View Item View Item