Pemodelan Pembimbingan Praktik Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) Pada Mahasiswa S1 PGSD-UT Melalui Lesson Study

Suhartono, and Sukiniarti, and Ediwarman, (2013) Pemodelan Pembimbingan Praktik Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) Pada Mahasiswa S1 PGSD-UT Melalui Lesson Study. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2013_77.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu cara yang efektif dalam pembimbingan praktik PKP dan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa S1 PGSD dalam perbaikan pembelajaran melalui pemodelan lesson study. Dalam program pengembangan profesi guru membutuhkan fasilitas yang dapat memberi peluang kepada learning how to learn dan to learn about teaching. Fasilitas yang dimaksud melalui lesson study (kaji pembelajaran) dianggap penting, karena secara teoretis, lesson study menyediakan suatu cara bagi guru untuk dapat memperbaiki pembelajaran secara sistematis (Podhorsky, C., & Fisher, D., 2007). Sebagai program muara dari program S1 PGSD, Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) merupakan puncak dari mata kuliah yang telah di ikuti sebelumnya oleh mahasiswa S1 PGSD. Melalui PKP, mahasiswa diharapkan akan memiliki kemampuan profesional yang lebih baik dalam menerapkan prinsip-prinsip Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk menemukan, menganalisis, dan merumuskan masalah pembelajaran yang dihadapi, menemukan dan merancang pemecahan masalah melalui rencana perbaikan pembelajaran, melaksanakan perbaikan pembelajaran, menemukan kekuatan dan kelemahan kinerja sendiri dalam perbaikan pembelajaran, serta mempertanggungjawabkan secara ilmiah tindak perbaikan pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan pendekatan paradigma participatory atau emancipatory sebagai konsep dasar yang berangkat dari participatory action reseach (McTaggart, R., 1991, Carr and Kemmis, 1990, Connole, 1993). Metode penelitian menggunakan teknik observasi, jurnal belajar, wawancara, dan dokumenter secara mendalam. Hasil menunjukkan bahwa Lesson study adalah suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip- prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Lesson study dipilih dan diimplementasikan pada kegiatan bimbingan PKP dalam rangka peningkatan profesionalisme guru karena lesson study merupakan suatu cara efektif untuk meningkatkan kualitas belajar dan mengajar di kelas mengingat pengembangan lesson study dilakukan dan didasarkan pada hasil “sharing” pengetahuan profesional yang berlandaskan pada praktek dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan para guru. Tahapan pelaksanaan lesson study pada kegiatan pembimbingan PKP ada enam, yaitu: (1) membentuk group lesson study, (2) menentukan fokus kajian, (3) merencanakan research lesson, (4) pelaksanaan pembelajaran dan observasi kegiatan pembelajaran, (5) mendiskusikan dan menganalisis hasil observasi, dan (6) refleksi dan penyempurnaan. Keenam tahapan tersebut dilaksanakan dalam bentuk siklus plan-do-see (reflection). Melalui lesson study dalam program bimbingan PKP terjadi peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru, peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran, pengembangan pembelajaran yang demokratis berbasis paradigma konstruktivisme untuk membangun pola pikir ilmiah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2013_77
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Profesional
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2016 06:58
Last Modified: 26 Jul 2018 02:13
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5697

Actions (login required)

View Item View Item