Perbandingan Hasil Belajar Tipe-Tipe Model Kooperatif dalam Pembelajaran Bilangan Pecahan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang

Aeni, Nur (2013) Perbandingan Hasil Belajar Tipe-Tipe Model Kooperatif dalam Pembelajaran Bilangan Pecahan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41377.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD), tipe Numbered Head Together (NHT), tipe Jigsaw dan tipe Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran bilangan pecahan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang. Pertanyaan yang terkait dengan masalah utama adalah (1) Apakah model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi bilangan pecahan di kelas VII SMPN 1 Patampanua Kabupaten Pinrang, (2) Apakah model kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi bilangan pecahan di kelas VII SMPN 1 Patampanua Kabupaten Pinrang, (3) Apakah model kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam rnateri bilangan pecahan di kelas VII SMPN 1 Patampanua Kabupaten Pinrang, (4) Apakah model kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi bilangan pecahan di kelas VII SMPN 1 Patampanua Kabupaten Pinrang, dan (5) Apakah ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD, tipe NHT, tipe TPS, dan tipe Jigsaw. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang pada semester ganjil tabun pelajaran 201212013. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan empat kelompok (Multi Group Pretest Posttest Design). Hasil penelitian diperoleh: (1) siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD, tipe NHT, tipe Jigsaw dan tipe TPS, (2) aktivitas guru dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD, tipe NHT, tipe Jigsaw dan tipe TPS sangat baik, (3) respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe STAD, tipe NHT, tipe Jigsaw dan tipe TPS sangat positif (4) hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran kooperatiftipe STAD, tipe NHT, tipe Jigsaw dan tipe TPS dapat meningkat, dan (5) secara analisis inferensial diperoleh tidak terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, tipe NHT, tipe Jigsaw dan tipe TPS. Disarankan kepada guru SMP agar dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi pecahan hendaknya menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD, tipe NHT, tipe Jigsaw dan tipe TPS karena pada umumnya siswa senang dan berminat terhadap pembelajaran kooperatif tipe STAD, tipe NHT, tipe Jigsaw dan tipe TPS.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41377.pdf
Uncontrolled Keywords: cooperative learning styles; stad, nht, tps and jigsaw cooperative learning styles, pembelajaran model kooperatif, pembelajaran model kooperatif tipe stad, nht, tps, dan jigsaw
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 02 Aug 2016 02:27
Last Modified: 21 Sep 2018 07:54
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/570

Actions (login required)

View Item View Item