Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SMA Berbasis Teknologi Informatika dengan Pendekatan Strategi Konstruktivisme Student Active Learning

Nurmawati, and Prayitno, Edi and Paridjo, (2014) Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SMA Berbasis Teknologi Informatika dengan Pendekatan Strategi Konstruktivisme Student Active Learning. Project Report. Universitas Terbuka, Semarang.

[img]
Preview
Text
2014_244.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran matematika SMA berbasis teknologi informatika dengan pendekatan strategi konstruktivisme student active learning, yaitu suatu model pengembangan pembelajaran memanfaatkan teknologi informatika berbentuk software dengan pendekatan strategi konstruktivisme student active learning (KSAL) padapeserta didik kelas XII SMA. Dengan pengembangan model pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan minat siswa SMA dalam mempelajari materi matematika dengan pemahaman yang lebih mudah. Tujuan penelitian adalah menghasilkan model pembelajaran matematika berbasis teknologi informatika yang dapat digunakan secara mudah, praktis dan efisien serta mempermudah pemahaman konsep materi matematika oleh peserta didik SMA. Strategi KSAL memiliki unsur-unsur sintakmatik, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dampak instruksional dan pengiring yang tercermin dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Strategi KSAL beorientasi kepada siswa dengan penekanan pada keaktifan siswa dan penerapan scaffolding dari guru diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dan kemandirian siswa. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan mengambil dua kelas yaitu kelas XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA 8 sebagai kelas kiontrol. Analisis data hasil belajar peserta didik, meliputi uji tahap awal dan uji tahap akhir. Analisis data awal yaitu tahap pemadaan sampel yang terdiri dari: uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata. Sedang analisis data akhir yaitu terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan rata-rata, uji regresi keaktifan peserta didik, uji regresi ketrampilan proses dan uji ketuntasan belajar pada hasil belajar peserta didik Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen yaitu kelas XII IPA1 yang mendapatkan perlakuan pembelajaran model pembelajaran berbasis teknologi dengan strategi konstruktivisme student active learning berbantuan CD interaktif pada materi volume benda putar suatu sumbu y dan kelas kontrol yaitu kelas XII IPA8 dengan pembelajaran konvensional dilihat pada Tabel Independent Sample Test diperoleh harga Fhitung = 1,701 dengan signifikansi 0,197 Dengan demikian probabilitas 0,197  0,05, Hal ini menunjukkan bahwa kedua kelas mempunyai varians yang sama. Ada pengaruh positif keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran menggunakan KSAL terhadap hasil belajar.Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar pembelajaran matematika model KSAL dapat digunakan sebagai alternative dan dikembangkan pada materi matematika yang lain.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_244
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, KSAL, Teknologi informatika
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2016 07:26
Last Modified: 01 Aug 2019 07:24
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5710

Actions (login required)

View Item View Item