Pengembangan Model Tutorial Berbasis Masalah dan Bermain Peran untuk Peningkatan Pemahaman Penelitian Tindakan Kelas pada Mahasiswa Universitas Terbuka

Prastiti, Tri Dyah and Suparti, and Yugara, (2014) Pengembangan Model Tutorial Berbasis Masalah dan Bermain Peran untuk Peningkatan Pemahaman Penelitian Tindakan Kelas pada Mahasiswa Universitas Terbuka. Project Report. Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
2014_247.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model tutorial berbasis masalah dan bermain peran, untuk peningkatan pemahaman matakuliah Penelitian Tindakan Kelas bagi mahasiswa S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1 PGSD) Universitas Terbuka. Model tutorial ini menggunakan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) yang berbasis masalah dan bermain peran, yang diharapkan dapat memudahkan mahasiswa secara konseptual memahami PTK dan memiliki kemampuan melakukan PTK serta membuat laporan dalam bentuk karya ilmiah. Target yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menghasilkan (1) buku teks berupa model tutorial dengan menggunakan LKM berbasis masalah dan bermain peran untuk matakuliah PTK ; (2) modul berupa bahan pengayaan yang diharapkan sebagai pengayaan Buku Materi Pokok PTK di Universitas Terbuka. Manfaat penelitian secara praktik: (a) bagi tutor: untuk mengembangkan kemampuan profesionalitasnya di bidang pengajaran dan penelitian. (b) bagi mahasiswa : implementasi model tutorial yang menggunakan LKM berbasis masalah dan bermain peran, dapat menciptakan tutorial yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Sedangkan manfaat teoritik adalah memberikan landasan teoritik tentang bagaimana mengembangkan model tutorial yang bermanfaat dan menciptakan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan kualitas tutorial. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (developmental research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian mahasiswa semester 6 S1 PGSD UT tahun 2014. Tempat penelitian di Kabupaten Magelang. Tahap pengembangan menggunakan tahap Plomp (Plomp, 1997:5). Teknik PTK yang digunakan adalah model alir yang dikemukakan oleh Miles & Huberman (1992), yang meliputi tahap-tahap : (1) Mereduksi data; (2) Penyajian data; (3) Penarikan kesimpulan dan validasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model PTK yang dikembangkan dapat membantu mahasiswa dalam mengonstruksi pemahaman yang bermakna mengenai PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Hal ini ditunjukkan dengan mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah pembelajaran di kelas, menentukan akar masalah dan faktor-faktor penyebabnya, menentukan rumusan masalah dan judul penelitian, menjelaskan tahap-tahap PTK dan mengembangkan RPP 1 dan 2. Selain itu, Model PTK yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, efektif dan praktis

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_247
Uncontrolled Keywords: Model Tutorial, LKM, Berbasis Masalah, Bermain Peran, PTK.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2016 07:36
Last Modified: 30 Jul 2019 08:08
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5716

Actions (login required)

View Item View Item