Implementasi Pembelajaran Matematika dengan Media E-Learning Materi Bangun Ruang Dimensi Tiga Kelas X SMA Walisongo Semarang

Suparman, and Muflikah, Binti and Buchori, Achmad (2012) Implementasi Pembelajaran Matematika dengan Media E-Learning Materi Bangun Ruang Dimensi Tiga Kelas X SMA Walisongo Semarang. Project Report. Universitas Terbuka, Semarang.

[img]
Preview
Text
2012_78.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam perkembangan jaman yang semakin maju, diharapkan para pendidik mampu mengemas pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif yaitu pembelajaran online dengan e-learning. Khususnya guru matematika dalam pembelajaran materi bangun ruang dimensi tiga sangat dianjurkan untuk mengemas pembelajaran dengan menggunakan media E-Learning. Sebab kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa masih banyak siwa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi geometri bangun ruang dimensi tiga. Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti melaksanakan pembelajaran materi geometri bangun ruang dimensi tiga dengan media online blogspot, wordpress dan proprofs karena mudah digunakan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh media online yang valid dalam belajar mandiri siswa dan mampu meningkatkan hasil belajar pada materi geometri bangun ruang dimensi tiga. Penelitian ini merupakanpenelitian quasi experimental, dengan populasi seluruh siswa kelas X semester 2 SMA Walisongo Semarang, dengan sampel sebanyak 2 (dua) kelas eksperimen dan 1 (satu) kelas kontrol. Dalam penelitian ini data diperoleh dengan menggunakan pengamatan, angket dan tes hasil belajar , kemudian untuk mengetahui pengaruh dan ketuntasan hasil belajar siswa dilakukan uji regresi linear ganda dan uji banding anova, sesuai hasil angket tentang implementasi pembelajaran online dengan e-learning blogspot proprofs dan wordpress proprofs di peroleh hasil sebagai berikut; kelas eksperimen 1 mempunyai minat belajar sedang dengan skor 93,29, kelas eksperimen 2 mempunyai minat belajar sedang dengan skor 85,23, dan kelas kontrol mempunyai minat belajar cukup dengan skor 79,76. Artinya pembelajaran online dengan e-learning cukup menarik minat belajar siswa. Sedangkan dari analisis hasil belajar dengan uji satu pihak dan dua pihak diperoleh rata-rata hasil belajar yang cukup signifikan yaitu kelas eksperimen 1 dengan skor 81,29, kelas eksperimen 2 dengan skor 78,64 dan kelas kontrol dengan skor 75,94. Dengan demikian pembelajaran matematika dengan media e-learning dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa khususnya pada materi bangun ruang dimensi tiga.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2012_78
Uncontrolled Keywords: Media matematika online, software Proprofs, ketuntasan hasil belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2016 08:01
Last Modified: 02 Aug 2019 09:43
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5732

Actions (login required)

View Item View Item