Implementasi Pendekatan Problem Posing dalam Kegiatan Tutorial untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matakuliah Pendidikan Matematika 1 pada Mahasiswa S-1 PGSD Pokjar Kabupaten Bojonegoro

Pramonoadi, and Dwikoranto, and Mujono, (2012) Implementasi Pendekatan Problem Posing dalam Kegiatan Tutorial untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matakuliah Pendidikan Matematika 1 pada Mahasiswa S-1 PGSD Pokjar Kabupaten Bojonegoro. Project Report. Universitas Terbuka, Surabaya.

[img]
Preview
Text
2012_79.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada tutorial pendidikan matematika 1 banyak mahasiswa mengalami kesulitan pemahaman konsep, pemecahan masalah, penalaran matematika, koneksi matematika. Strategi yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep adalah problem posing. Rumusan masalah adalah Bagaimanakah implementasi pendekatan problem posing dalam kegiatan tutorial untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa S-1 PGSD pokjar Kabupaten Bojonegoro dan Bagaimanakah efektivitas pendekatan problem posing dalam kegiatan tutorial matakuliah pendidikan matematika 1. Tujuan penelitian mendeskripsikan implementasi pendekatan problem posing dalam kegiatan tutorial dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa S-1 PGSD dan mendeskripsikan efektivitas pendekatan problem posing dalam kegiatan tutorial dalam meningkatkan prestasi belajar. Termasuk penelitian Pengembangan dengan four-D model dari Thiagarajan. Sasaran Penelitian mahasiswa S1 PGSD semester 3 masa registrasi 2012.2 Pokjar Bojonegoro. Instrumen Penelitian Lembar Validasi perangkat RAT, SAT, RTT. Kuesioner respon mahasiswa, Lembar pengamatan keterlaksanaan tutorial. Data dianalisis secara diskriptif dihitung rata-rata dan persentase. Hasil Pendefinisian: Pendidikan Matematika 1 bagian dari kurikulum yang dirancang untuk memberikan bekal guru SD yang profesional. Mahasiswa harus menguasai kompetensi khusus dan umum, menguasai 9 modul, mencapai nilai optimal melalui TT-1, 2 dan 3. Hasil Perancangan: RAT, SAT, RTT mengintegrasikan problem posing dalam langkah tutorial. Hasil Pengembangan: validasi pakar pembelajaran terhadap 3 komponen utama tutorial RAT, SAT, TT menyarankan perbaikan dan telah dilakukan revisi. Hasil Uji Coba Implementasi Problem Posing: observasi implementasi pendekatan problem posing komponen mahasiswa, interaktivitas dosen mahasiswa, kegiatan saat tutorial dari validator 3,45, pada kategori sangat baik. Implementasi problem posing dalam tutorial menjadikan mahasiswa melakukan latihan keterampilan change the numbers dan change the operations dilanjutkan dengan pre solution posing, within solution posing dan post solution posing. Pendekatan problem posing dalam kegiatan tutorial pendidikan matematika 1 efektif. Efektivitas ini berdasarkan hasil kuesioner persepsi mahasiswa 51.58% menyatakan setuju terhadap manfaat problem posing dalam tutorial, menyatakan sangat setuju sebesar 41.57%, yang menyatakan kurang setuju sebesar 2.63%, dan sebesar 3.16% menyatakan tidak setuju. Efektivitas implementasi problem posing dilihat dari hasil tugas tutorial yang dicapai mahasiswa nilai rata-rata pada TT-1 adalah 90.55, TT- II adalah 92.10, dan TT- III adalah 93.74 mencapai kategori sangat baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2012_79
Uncontrolled Keywords: Problem Posing, Prestasi Belajar, pendidikan matematika 1
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2016 08:06
Last Modified: 19 Feb 2019 03:38
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5734

Actions (login required)

View Item View Item