Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ketrampilan Partisipasi Sosial dalam Memperluas Wawasan Konsep Dasar IPS

Satya, Wira Indra and Mudjanad, and Nuraedah, (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ketrampilan Partisipasi Sosial dalam Memperluas Wawasan Konsep Dasar IPS. Project Report. Universitas Terbuka, Palu.

[img]
Preview
Text
2014_253.pdf

Download (425kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan perolehan produk pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Dasar IPS yang menerapkan model Partisipasi Sosial. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan penelitian pengembangan dengan mengacu kepada model Partisipasi Sosial, dengan tujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran Ketrampilan partisipasi sosial dalam memperluas wawasan Konsep Dasar IPS di. Hal-hal yang dilakukan, yakni (1) Identifikasi Masalah Pembelajaran, (2) Analisis Mahasiswa, yakni analisis kelompok mahasiswa. Hasil dari rancangan ini disebut draft A. Perangkat pembelajaran yang dirancang adalah (a) Rencana Pembelajaran Konsep Dasar IPS, (b) LKM Konsep Dasar IPS dan (c) Bahan ajar Konsep Dasar IPS yang menerapkan model Partisipasi Sosial, dan (3) pengembangan (develop): pada tahap ini, hasil perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada tahap sebelumnya (draft A) divalidasi oleh ahli yang kompeten. Hasil penilaian ahli tersebut dijadikan pedoman merivisi draft A, sehingga diperoleh draft B. Sebelum dilakukan ujicoba terlebih dahulu dilakukan uji keterbacaan terhadap draft B, dari Tim Ahli. Masukan yang diperoleh dari hasil uji Draf A digunakan untuk merevisi Draft B, sehingga diperoleh suatu produk pengembangan yang akan digunakan dalam Penelitian lanjutan. Ujicoba dilakukan untuk memperoleh masukan dari tim ahli, mahasiswa dan observer terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Hasil ujicoba dijadikan dasar untuk memperoleh produk yang diinginkan. Draf akhir yang diperoleh tersebut akan diterapkan nantinya dalam bentuk tulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk memperoleh gambaran peningkatan hasil belajarn mahasiswa dengan adanya produk perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran yang terdiri atas: (1) Rancangan Aktivitas Tutorial (RAT), Silabus Konsep Dasar IPS, (2) LKM Konsep Dasar IPS, dan (3) Bahan ajar Konsep Dasar IPS yang telah dimodifikasi beberapa sub pokok bahasan. Disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran partisipasi sosial yang telah dibuat pada matakuliah Konsep Dasar IPS yakni silabus, RAT (Rancangan Aktivitas Tutorial) dan Bahan Ajar efektif digunakan untuk tahap penelitian lanjutan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_253
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Ketrampilan, Partisipasi Sosial
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2016 08:21
Last Modified: 18 Feb 2019 09:16
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5738

Actions (login required)

View Item View Item