Nadapdap, Panuel Adinawar (2013) Penerapan Model-Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Tanjung Morawa. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.
|
Text
2013_81.pdf Download (297kB) | Preview |
Abstract
Mengingat pentingnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran itu sendiri, sudah sewajarnya jika kita tidak lagi memandang bahwa guru adalah pemilik pengetahuan yang berwenang memberikan pengetahuan apa saja kepada siswa. Siswa tidak lagi dapat dipandang seperti botol kosong yang senantiasa dapat diisi. Sehingga alur pembelajaran tidak harus berasal dari guru menuju siswa. Harapannya adalah siswa dapat berinteraksi bukan hanya dengan guru, tetapi lebih dari itu siswa juga dapat beriteraksi dengan lingkungan dan sesama siswa atau sumber belajar yang lain. Interaksi sesama siswa juga dianggap pen-ting mengingat komunikasi lebih mudah dilakukan antara orang yang sebaya. Bahkan telah banyak penelitian menunjukkan hasil bahwa pembelajaran koperatif itu lebih unggul. Permasalahan seperti ini adalah akibat dari keterbatasan guru dalam memahami model-model pembelajaran. Pemahaman terhadap landasan dalam menerapkan model-model pembelaran yang tidak dikuasai dengan baik maka masalah yang muncul tidak dapat diselesaikan. Padahal seorang guru diharapkan mengelola proses pembelajaran yang dijalaninya. Mengelola di sini memiliki arti yang luas yang menyangkut bagaimana seorang guru mampu menguasai keterampilan dasar mengajar, seperti membuka dan menutup pelajaran, menjelaskan, menvariasi media, bertanya, memberi penguatan, dan sebagainya, juga bagaimana guru menerapkan strategi, teori belajar dan pembelajaran, dan melaksanakan pembelajaran yang kondusif. Setiap guru harus memiliki kompetensi adaptif terhadap setiap perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan di bidang pendi-dikan, baik yang menyangkut perbaikan kualitas pembelajaran maupun segala hal yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi peserta didiknya. Karena itu amatlah penting bagi guru mendapatkan pemahaman menerapkan model-model pembelajaran yang bervariasi dalam mengupayakan pencapaian kompetensi oleh siswa. Melaksanakan penelitian tindakan kelas merupakan suatu alternatif yang dapat dipilh. Melaui penelitian tindakan kelas selain mengupayakan perbaikan penguasaan kompetensi oleh siswa juga melalui perbaikan keterampilan guru melaksanakan pembelajaran di dalam kelas menggunakan model-model pembelajaran. Mengatasi permasalahan kemampuan guru yang terbatas dalam pemahaman model-model pembelajaran maka dilakukan kolaborasi dalam penelitian tindakan kelas dengan guru-guru sejawat serta nara sumber dari perguruan tinggi. Penulis sebagai staf edukatif di FKIP Universitas Terbuka Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT) Medan akan bersinergi dengan pihak terkait dalam melaksanakan pelatihan ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bila kompetensi guru akan model-model pembelajaran dapat ditingkatkan, maka kompetensi siswa akan meningkat secara signifikan
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 2013_81 |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Kompetensi Siswa |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 08 Nov 2016 01:20 |
Last Modified: | 27 Feb 2019 01:56 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5753 |
Actions (login required)
View Item |