Peningkatan Kecepatan Membaca Pemahaman melalui Model Pembelajaran Berbasis Komputer pada Siswa Kelas V SD 1 Jekulo Kabupaten Kudus

Lestariningsih, Enny Dwi and Suhartono, and Priono, Catur Karya Agus (2014) Peningkatan Kecepatan Membaca Pemahaman melalui Model Pembelajaran Berbasis Komputer pada Siswa Kelas V SD 1 Jekulo Kabupaten Kudus. Project Report. Universitas Terbuka, Semarang.

[img]
Preview
Text
2014_262.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan kecepatan membaca pemahaman siswa SD sangat rendah. Hal ini terbukti dari hasil tes awal di SD 1 Jekulo, Kabupaten Kudus, masih ada beberapa siswa yang memiliki kemampuan membaca yang sangat rendah. Hanya ada 31 siswa (68,89%) dari 45 siswa yang berhasil mendapat nilai di atas atau sama dengan 70, sedangkan siswa yang mendapat nilai di bawah 70 ada 14 siswa (31,11%). Rendahnya kemampuan siswa tersebut disebabkan kurang bervariasinya model pembelajaran membaca sehingga siswa memiliki motivasi rendah. Ada tiga permasalahan dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana model pembelajaran berbasis komputer dengan menggunakan CD Pembelajaran diterapkan dalam pembelajaran membaca pemahaman? (2) Apakah kemampuan membaca pemahaman siswa dapat ditingkatkan setelah mengikuti pembelajaran membaca pemahaman melalui model pembelajaran berbasis komputer dengan menggunakan CD Pembelajaran? dan (3) Apakah siswa termotivasi mengikuti pembelajaran membaca pemahaman melalui model pembelajaran berbasis komputer dengan menggunakan CD Pembelajaran? Adapun tujuannya adalah (1) endeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis komputer dengan menggunakan CD Pembelajaran, (2) meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa melalui model pembelajaran berbasis komputer dengan menggunakan CD Pembelajaran, dan (3) memotivasi siswa mengikuti pembelajaran membaca pemahaman melalui model pembelajaran berbasis komputer dengan menggunakan CD Pembelajaran. Dalam penelitian ini digunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan Model Pembelajaran Membaca Berbasis Komputer. Ada dua siklus yang digunakan dalam penelitian ini. Siklus pertama menggunakan pengelolaan secara klasikal, sedangkan siklus kedua menggunakan pembelajaran individual. Hasil penelitian adalah: 1) pada siklus satu menunjukkan hal yang positif, yaitu ada 33 siswa (73,33%) yang tuntas, sedangkan yang belum tuntas ada 12 siswa (26,67%) dengan kecepatan membaca rata-rata 75 kpm, dan 2) pada siklus dua juga ada peningkatan keberhasilan membaca pemahaman, yaitu ada 41 siswa (91,11%) siswa yang tuntas, sedangkan yang belum tuntas hanya 4 siswa (8,89%). Dengan demikian model pembelajaran kecepatan membaca berbasis komputer dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dan kecepatan membaca siswa dalam membaca teks.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_262
Uncontrolled Keywords: kecepatan membaca, model pembelajaran, dan komputer
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 08 Nov 2016 02:32
Last Modified: 02 Aug 2019 10:15
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5785

Actions (login required)

View Item View Item