Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Pada Pos Pemberdayaan Masyarakat (Posdaya) Pendidikan Usia Dini Bagi Anak Miskin Di Jakarta, Serang Dan Bogor

Yusrafiddin, and Suhartono, and Ediwarman, and Syafrizal, (2013) Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Pada Pos Pemberdayaan Masyarakat (Posdaya) Pendidikan Usia Dini Bagi Anak Miskin Di Jakarta, Serang Dan Bogor. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2013_110.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui penerapan model keterpaduan untuk anak usia dini bagi keluarga kurang mampu di paud berbasis posdaya dan menghasilkan produk rancangan program keterpaduan. Penelitian menggunakan metodologi observasi dan survei lapangan mendalam dengan pendekatan riset dan pengembangan (R&D). Sampel sebanyak 4 Paud berbasis posdaya diterapkan di Jakarta, Serang dan Bogor. Pelaksanaan penelitian April-Oktober 2013. Responden sebanyak 142 orang, yaitu siswa sebanyak 62 anak, guru sebanyak 18 orang dan orang tua siswa 62 orang. Dalam penelitian ini melibatkan unsur kerjasama antar perguruan tinggi dengan pembagian tugas berdasarkan wilayah penelitian, yaitu untuk daerah Serang dengan Untirta dan Jakarta-Bogor dengan UT. Hasil menunjukkan: (1) Proses belajar mengajar model keterpaduan sesuai dengan karakteristik belajar usia anak dini, terutama bagi anak dan orang tua dengan latar belakang sosial dan ekonomi yang terbatas, (2) Proses belajar mengajar model keterpaduan dengan penerapan biaya pendidikan perdatang dapat memberikan alternatif cara pendanaan bagi sekolah, (3) Pembelajaran terpadu yang diterapkan di paud berbasis posdaya memberikan situasi belajar bagi anak untuk bertanggung jawab terhadap proses belajarnya, baik mandiri maupun menghargai pekerjaan orang tua, dan (4) Model keterpaduan juga menawarkan kesempatan kepada anak untuk bekerja sama dengan guru dan orang tua pada tantangan yang berbeda.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2013_110
Uncontrolled Keywords: Model Keterpaduan, Posdaya, Pendidikan Anak Usia Dini, Anak Miskin
Subjects: 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.5 Problems and Services to The Poor (Permasalahan dan Layanan kepada Orang Miskin, Kemiskinan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School (Pendidikan Pra Sekolah)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 08 Nov 2016 07:09
Last Modified: 26 Jul 2018 02:13
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5888

Actions (login required)

View Item View Item