Rekonstruksi Epistemologis Pendidikan IPS sebagai Disiplin Ilmu Terintegrasi (Refleksi Filosofis Biografi Intelektual Nu’man Somantri )

Farisi, Mohammad Imam and Malik, Abdul (2014) Rekonstruksi Epistemologis Pendidikan IPS sebagai Disiplin Ilmu Terintegrasi (Refleksi Filosofis Biografi Intelektual Nu’man Somantri ). Project Report. Universitas Terbuka, Surabaya.

[img]
Preview
Text
2014_286.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian jangka panjang adalah menghasilkan sebuah rekonstruksi epistemologis pendidikan IPS sebagai disiplin ilmu terintegrasi yang dapat dijadikan sebagai ”paradigma bersama” atau ”shared commitment” di tingkat komunitas PIPS di Indonesia. Target khusus penelitian adalah mendeskripsikan: (1) pemikiran atau gagasan utama Somantri tentang PIPS sebagai syhnthetic discipline; (2) jaringan pemikiran Somantri dengan pemikiran para pakar PIPS yang menjadi referensi utama berkenaan dengan PIPS sebagai syhnthetic discipline; (3) kelebihan dan kekurangan pemikiran Somantri tentang PIPS sebagai syhnthetic discipline; dan (4) tingkat keberterimaan pemikiran Somantri tentang PIPS sebagai syhnthetic discipline di kalangan komunitas PIPS. Penelitian menggunakan metode kualitatif-interpretif. Sumber data terdiri dari: (1) sumber primer: naskah-naskah atau karya-karya tulis ilmiah Nu’man Somantri yang telah dihimpun dan diterbitkan dalam buku biografi intelektual subjek, ”Menggagas Pembaharuan Pendidikan” (2001); dan (2) sumber sekunder: naskah-naskah atau karya-karya ilmiah tertulis dari pakar PIPS lainnya yang bermuatan ”filosofis” (epistemologis) dan memiliki kaitan substantif dengan pemikiran Somantri. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi, dan dianalisis menggunakan analisis isi Holsti, dan fenomenologi-hermeneutik Ricoeur. PIPS sebagai ”synthetic discipline” dalam pemikiran Somantri adalah sebuah disiplin/program yang bersifat merger atau sinergis dari dua atau lebih disiplin ilmu yang setara untuk tujuan PIPS. PIPS sebagai “synthetic discipline” adalah identitas, jati-diri, ciri khas, dan “faculty culture” FPIPS dan pascasarjana PIPS, yang memiliki empat status akademik: advance knowledge, middle studies, primary structure, dan pendidikan disiplin ilmu. PIPS sebagai ”synthetic discipline” dikembangkan berdasarkan landasan teoretis-filosofis (epistemologis, ontologis, dan aksiologis); dan memiliki jaringan infrastruktur akademik di lingkungan perguruan tinggi/universitas; organisasi profesi; lembaga penelitian dan pengembangan; dewan redaksi/editor/reviewer; dan/atau Kelompok Kerja Guru PIPS di jenjang persekolahan. Jaringan infrastruktur akademik tersebut—walaupun belum matang—telah memungkinkan mereka memiliki pola pikir, bicara, menulis karya ilmiah, metode/pendekatan bersama dalam memperoleh, menyusun, mengembangkan, dan menggunakan body of knowledge PIPS. Pemikiran Somantri tentang PIPS sebagai ”synthetic discipline” memiliki jaringan pemikiran dengan para pakar seperti Edgar Bruce Wesley, Welton-Mallan, dan Earl Shepard Johnson, yang sekaligus menjadi referensi utamanya. Secara teoretik, pemikiran Somantri memiliki kelebihan/kekuatan dilihat dari: (1) perspektif ”perbandingan” teori-filsafat pendidikan dan PIPS; (2) paradigma PIPS sebagai ”synthetic discipline”; (3) sintesis antara extraceptive knowledge dan intraceptive knowledge. Kekurangan/kelemahannya dapat dikaji dari persoalan filosofis penggunaan konsep ”simplifikasi” PIPS sebagai “synthetic discipline”; dan keterkaitan antara konten dan tujuan PIPS. Tingkat keberterimaan pemikiran Somantri tentang PIPS sebagai “synthetic discipline” termasuk dalam tipologi “konsensus datar/lunak” (benign/flat consensus). Sebuah tipologi konsensus yang kontestasinya tidak memperlihatkan kontroversi, fragmentasi dan spesialisasi skala luas antar-pakar, yang memungkinkan terjadinya “revolusi keilmuan”.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_286
Uncontrolled Keywords: rekonstruksi epistemologis, pendidikan ips, biografi
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 08 Nov 2016 07:23
Last Modified: 07 Feb 2019 03:44
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5896

Actions (login required)

View Item View Item