Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dalam Mata Kuliah Penelitian Tindakan Kelas Pada Tutorial Mahasiswa Program S-1 PGSD POKJAR Wuluhan UPBJJ-UT Jember

Suparti, and Parto, and Hayati, Khodijah and Rully, Apriyani (2012) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dalam Mata Kuliah Penelitian Tindakan Kelas Pada Tutorial Mahasiswa Program S-1 PGSD POKJAR Wuluhan UPBJJ-UT Jember. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2012_139.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tutorial merupakan kegiatan pemberian bantuan dan bimbingan belajar oleh tutor kepada mahasiswa untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami isi modul. Model tutorial yang dipilih oleh tutor akan turut menentukan keberhasilan mahasiswa dalam mengikuti tutorial baik pada proses maupun hasilnya. Agar tutorial bermakna maka tutor hendaknya memilih model tutorial yang melibatkan mahasiswa secara maksimal sehingga mahasiswa memiliki banyak kesempatan untuk berinteraksi secara efektif dalam pencapaian kompetensi yang ditetapkan. Pembelajaran kooperatif merupakan cara pembelajaran yang dapat diterapkan dalam tutorial mahasiswa Universitas Terbuka (UT). Sebab, belajar kooperatif didasari paradigma bahwa disamping sebagai makhluk individu, manusia juga sebagai makhluk sosial yang membutuhkan kerja-sama dengan orang lain. Pembelajaran kooperatif dicirikan oleh adanya kegiatan yang berlangsung dalam lingkungan belajar berbentuk kelompok kecil, sehingga mahasiswa dapat saling berbagi ide dan bekerja secara berkolaboratif untuk menyelesaikan tugas akademik. Melalui pembelajaran kooperatif diharapkan aktivitas/keterlibatan pembelajar dalam pembelajaran menjadi lebih maksimal. Selain aktivitas belajar, hasil belajar yang diharapkan menjadi lebih baik. Dengan demikian diharapkan diperoleh aktivitas dan hasil belajar yang relatif baik. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan ”penerapan pembelajaran kooperatif dalam tutorial mata kuliah PTK Mahasiswa S-1 PDSD Semester VI Universitas Terbuka UPBJJ (UPBJJ-UT) Jember di Pokjar Wuluhan”. Masalah umum tersebut difokuskan pada dua hal yakni: aktivitas belajar dan hasil belajar mata kuliah PTK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan deskriptif. Pemilihan rancangan penelitian ini sesuai dengan tujuan penelitian, yakni mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif dalam mata kuliah PTK pada Program S-1 PGSD Pokjar Wuluhan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen utama yakni peneliti dan dengan cara observasi, angket, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif yakni dengan cara menyeleksi, menilai, menyimpulkan. Aktivitas belajar diteliti dari aspek cara menjawab pertanyaan/melakukan kegiatan pada saat apersepsi, berdiskusi, menulis/menyalin hasil diskusi, menyampaikan hasil kerja kelompok, dan menyampaikan tanggapan dalam presentasi. Sedangkan hasil belajar meliputi aspek: kemampuan menyusun pendahuluan, kajian pustaka, rencana perbaikan pembelajaran, dan penggunaan bahasa Indonesia Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif memiliki pengaruh positif terhadap aktivitas dan hasil belajar PTK dengan kualifikasi cukup baik, baik, dan baik sekali. Rata-rata kualifikasi yang dicapai mahasiswa yang diteliti adalah Baik (B). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dikemukakan saran bagi tutor, hendaknya menerapkan model pembelajaran kooperatif dalam kegiatan tutorialnya, bagi penentu kebijakan hendaknya memberikan pelatihan kepada tutor tentang model pembelajaran sedangkan bagi peneliti lain adalah perlu dilakukan penelitian dengan lebih mendalam dan spesifik tentang penerapan pembelajaran kooperatif dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga menjadi sangat baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2012_139
Uncontrolled Keywords: pembelelajaran kooperatif, penelitian tindakan kelas, tutorial
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 08 Nov 2016 07:21
Last Modified: 08 Aug 2018 04:16
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5897

Actions (login required)

View Item View Item