Farihati, Sitta Alief and Mustafa, Dina and Purwati, Wahyu Noviani (2014) Evaluasi Penerapan Office365 Pada Tutorial Online Mata Kuliah Program Studi Matematika FMIPA - UT. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.
|
Text
2014_87.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Universitas Terbuka terus berupaya untuk memperbaiki layanan pembelajaran jarak jauh. Salah satu perbaikan itu adalah menerapkan Learning Management System Berbasis MOODLE dan Office 365 untuk memudahkan interaksi dengan mahasiswa dan sesama tutor. Penerapan ini selain dapat dilaksanakan oleh para staf akademik, juga diharapkan dapat memenuhi kepuasan mahasiswa. Terdapat banyak fasilitas dalam Office365 yang sangat relevan untuk diterapkan pada pendidikan jarak jauh, antara lain penggunaan papantulis digital untuk menerangkan konsep yang susah dengan tulisan tangan. Tampilan papan tulis itu dapat dishare lewat desktop dengan 250 pengguna lainnya untuk mempresentasikan pemecahan masalah. Dalam program ini juga ada layanan office proplus seperti word, excel,powerpoint, access, yang dapat digunakan pengguna untuk membuat dokumen dan membagikannya kepada anggota jaringan. Pembelajaran matematika banyak menggunakan notasi dalam menampilkan berbagai konsep. Untuk menuliskan notasi Matematika tersebut, sudah ada aplikasi yang menunjang seperti equation dalam word. Namun demikian aplikasi ini agak sulit digunakan pada MOODLE, karena fiturnya belum tersedia. Untuk penyampaian bahan ajar dan pengiriman tugas oleh mahasiswa dan pengiriman umpan balik oleh staf akademik, program MOODLE memang sudah sangat baik. Namun untuk Program Studi Matematika, fasilitas tambahan dari Office365 akan mempermudah tutor untuk menerangkan langkah-langkah pemecahan masalah Matematika secara spontan dengan menuliskannya langsung di atas papan tulis digital yang tersambung dengan Office365. Papan tulis digital ini akan lebih baik lagi jika dilengkapi dengan Graphic Tablet yang dapat dihubungkan ke PC atau laptop staf akademik atau mahasiswa. Laporan penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan penelitian pengembangan dan ujicoba pemanfaatan Office365 dalam pembelajaran Matematika secara Online. Tahapan penelitian yang dilakukan untuk mengembangkan kemampuan staf akademik (Faculty Development Program) dalam memanfaatkan Office365 bersama dengan MOODLE mengacu pada model pengembangan pelatihan ADDIE (analisis, desain, pengembangan implementasi, dan evaluasi). Penelitian diawali dengan pelatihan penggunaan Office365 kepada seluruh staf akademik Program Studi Matematika di UT Pusat, yang dilanjutkan dengan pemantapan pelatihan yang melibatkan mahasiswa. Selanjutnya, pada Tutorial Online 2014.2 dilakukan ujicoba pemanfaatan webinar dengan mahasiswa, yang pada kesempatan ini dilakukan pada Tutorial Online mata kuliah MATA4101 Pengantar Matematika. Berdasarkan evaluasi dari ujicoba pemanfaatan Office365 ini disimpulkan bahwa pemanfaatan Office365 dalam bentuk webinar ini dirasakan sangat bermanfaat bagi tutor dan mahasiswa terutama saat menjelaskan konsep-konsep dasar matematika. Namun, masalah utama dalam pemanfaatan Office365 ini adalah akses internet yang sangat lemah. Upaya perbaikan kedepan akan dilakukan dengan : (1) meningkatkan kecepatan internet, (2) mengadakan webinar yang terintegrasi dengan tutorial Online setiap 2 (dua) minggu sekali pada hari Sabtu/Minggu, (3) menambah mata kuliah yang menyediakan layanan webinar di Program Studi Matematika.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | Office 365, MOODLE, pembelajaran matematika, pengembangan staf akademik |
Subjects: | 000 Generalities > 000-009 Knowledge - Special Computer Methods (Ilmu Umum dan Komputer) > 005.5 General Purpose Application Programs (Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 08 Nov 2016 08:53 |
Last Modified: | 23 Apr 2020 04:35 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5926 |
Actions (login required)
View Item |