Pengaruh Pembelajaran Dengan Media Realia Terhadap Peningkatan Kreativitas Dan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Di TK Negeri Rembang

Sumarsono, and Handayani, Sri and Wahyuni, Purwaningdyah Murti (2012) Pengaruh Pembelajaran Dengan Media Realia Terhadap Peningkatan Kreativitas Dan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Di TK Negeri Rembang. Project Report. Universitas Terbuka, Semarang.

[img]
Preview
Text
2012_155.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini di Taman Kanak-kanak Pembina Kabupaten Rembang mengambil kelompok B yang sudah siap untuk masuk ke SD ada dua kelas yang kami ambil untuk melakukan penelitian , yang satu kelas sebagai kelas eksperimen dan yang lain sebagai kelas kontrol dan pembelajarannya dilakukan oleh guru kelasnya dan kami ikut mengamatinya. Kedua kelas tersebut diberikan pretes semua untuk melihat kemampuan dasar anak usia dini yang ada di TK Pembina tersebut. Untuk kelas eksperimen diberikan perlakuan dalam pembelajaran menggunakan media realia dan untuk kelas kontrol tanpa diberi perlakuan mengajar seperti biasa. Pembelajaran dengan media realia bertujuan meningkatkan kreativitas dan keterampilan motorik , untuk mencapai tujuan tersebut dilaksanakan postes baik pada kelas eksperimen maupun pada kelas control pada anak usia dini. Dalam proses belajar mengajar ada lima aspek yang dicapai yaitu aspek : (1) Motorik Kasar (2) Motorik Halus (3) Kognitif (4) Bahasa (5) Afektif. Pada kelompok ekperimen yang pembelajarannya menggunakan media realia mengalami peningkatan disemua aspek rata-rata mencapai 20% dan kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut (1) dengan media realia dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan motorik anak usia dini (2) guru dapat memodifikasi dengan berbagai media yang ada dilingkungan sekitar anak , metode yang sesuai dengan materi dan selalu berinovatif (3) menggunakan media yang ada secara maksimal yang tersedia dilingkungan sekolah dan media realia sangat cocok untuk anak usia dini karena secara langsung anak belajar dengan hal-hal yang nyata . Pembelajaran untuk anak usia dini akan lebih baik dilaksanakan belajar sambil bermain dan diwujudkan suasana belajar yng menarik dan menyenangkan bagi anak usia dini.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2012_155
Uncontrolled Keywords: Media Realia , Kreativitas dan Keterampilan Motorik
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 09 Nov 2016 01:27
Last Modified: 30 Jul 2019 07:35
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5945

Actions (login required)

View Item View Item