Peningkatan Efektivitas Tutorial Online Tap Peko Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Pendidikan Ekonomi

Suripto, and Sumiyati, Sri and Budi, Untung Laksana (2014) Peningkatan Efektivitas Tutorial Online Tap Peko Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Pendidikan Ekonomi. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2013_126.pdf

Download (764kB) | Preview

Abstract

Penyediaan fasilitas tutorial online (tuton) TAP PEKO ditujukan untuk meningkatkan kualitas belajar mahasiswa PEKO yang sudah hampir menyelesaikan program studinya. Untuk itu peserta tuton TAP PEKO disyaratkan telah memenuhi (N-19) sks dengan IPK minimal 2. Pada kenyataannya baru 40% mahasiswa yang sudah memenuhi persyaratan ini melakukan registrasi TAP. Alasan yang dicurigai menjadi penyebab rendahnya tingkat registrasi ini adalah ketidaktahuan mahasiswa dalam menghitung sks. Materi tuton sendiri dikembangkan dengan memperhitungkan kebutuhan mahasiswa terhadap materi ajar dan diskusi untuk memfasilitasi penguasaan materi. Tugas juga diberikan sebagai upaya penilaian sumatif terhadap seluruh proses belajar pada tuton. Sistem tuton sendiri sudah dilengkapi dengan mekanisme pencatatan aktivitas mahasiswa. Berdasarkan catatan aktivitas mahasiswa tersebut, tutor dapat memonitor aktivitas mahasiswa, siapa yang aktif melihat materi inisiasi, aktif mengikuti diskusi. Data yang ada menunjukkan tingkat keaktivan mahasiswa pada tuton TAP PEKO belum optimal. Meskipun sudah hampir seluruh peserta tuton melihat materi inisiasi tetapi hanya sekitar 50% yang aktif berdiskusi. Mahasiswa yang mengunggah Tugas juga hanya sekitar 75%. Untuk meningkatkan efektivitas tuton TAP PEKO perlu dilakukan berbagai perbaikan dalam pelaksanaan tuton sehingga mahasiswa mendapatkan manfaat positif dari pelaksanaan tuton. Untuk mencapai tujuan ini, akan dilakukan Penelitian untuk mengidentifikasi kendala keikutsertaan mahasiswa pada tuton TAP PEKO serta mengevaluasi kaitan antara aktivitas pada tuton TAP PEKO dengan penguasaan mahasiswa terhadap materi yang diberikan. Hasil penelitian akan digunakan sebagai dasar untuk pengembangan pelaksanaan tuton TAP PEKON yang efektif. Untuk itu, dalam Penelitian ini akan dikembangkan model pelaksanaan tuton TAP dan mengujicobakan model tersebut pada tuton TAP PEKO. Tujuan Penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi mahasiswa melakukan resgistrasi TAP PEKO, mengidentifikasi faktor penghambat mahasiswa untuk aktif pada tuton TAP PEKO, mengevaluasi dan menyempurnakan materi (inisiasi, diskusi, dan tugas) pada tuton TAP PEKO, menganalisis hubungan antara aktivitas mahasiswa pada tuton TAP PEKO dengan hasil belajar, dan mengembangkan model tuton yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Hasil penelitian ini diharapkan akan memperkaya teori pembelajaran, khususnya yang berkaitan dengan pemberian bantuan belajar. Selain itu, hasil Penelitian diharapkan bermanfaat untuk UT sebagai masukan untuk melaksanakan tuton TAP yang efektif. Sementara itu, untuk Program Studi, Penelitian ini akan bermanfaat untuk membuat mahasiswa mampu menghitung kelayakan mengikuti TAP PEKO, mengembangkan tuton yang dapat menarik partisipasi mahasiswa, memotivasi mahasiswa untuk aktif berdiskusi pada tuton, dan mendorong mahasiswa untuk mengerjakan dan mengunggah Tugas tuton. Pada Penelitian ini direncanakan akan dilakukan pengembangan model pemanfaatan tuton TAP PEKO dengan menerapkan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek dalam Penelitian ini adalah tuton TAP PEKO 2013.1 dan 2013.2. Data yang akan digunakan dalam Penelitian mencakup seluruh materi yang digunakan dan seluruh mahasiswa yang melakukan registrasi pada matakuliah TAP PEKO 2013.1 dan 2013.2. Materi tuton yang akan dianalisis terdiri atas enam materi inisiasi, lima topik diskusi, dan tiga tugas. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi dokumen dan survei untuk mengembangkan model yang dilakukan dengan menggunakan Model ADDIE.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2013_126
Uncontrolled Keywords: Model ADDIE, pendidikan terbuka dan jarak jauh, tugas akhir program, tutorial onlione,Universitas Terbuka
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 09 Nov 2016 01:39
Last Modified: 30 Jul 2019 07:56
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5948

Actions (login required)

View Item View Item