Pengembangan Model ‘Parenting Class’ Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Untuk Meningkatkan Keterlibatan Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Amini, Mukti and Pratisto, Toto (2013) Pengembangan Model ‘Parenting Class’ Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Untuk Meningkatkan Keterlibatan Orang Tua Dalam Mendidik Anak. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2013_127.pdf

Download (767kB) | Preview

Abstract

Pendidikan anak usia dini yang berlangsung di Taman Kanak-kanak memerlukan kerja sama yang bagus antara orang tua (terutama ibu) dengan para guru di TK. Namun, kondisi di lapangan yang terjadi kadang justru sebaliknya. Beberapa masalah muncul dalam pola interaksi antara guru-anak-orang tua. Pada studi pendahuluan ke salah satu TK di Tangerang, ditemukan bahwa 3 orang tua dari 53 orang tua anak TK tersebut mendesak guru untuk memberikan pekerjaan rumah calistung pada anak-anak mereka. Guru yang paham bahwa pembelajaran membaca untuk anak usia dini tidak dapat dipaksakan, menjadi dilematis. Masalah yang lain adalah adanya 12 orang tua dari 67 orang tua yang menurut para guru kurang berupaya melanjutkan kebiasaan baik yang telah diajarkan di sekolah untuk tetap terus dipertahankan dan dipantau selama di rumah. Pada akhir pekan atau pasca libur panjang, jumlah anak yang perlu beradaptasi ulang dengan kebiasaan-kebiasaan baik di TK, bertambah banyak. Masalah-masalah demikian, berdasar wawancara dengan guru–guru TK di Tangerang Selatan, juga terjadi di TK-TK yang lain. Sementara itu, sebagian besar anak diantar sendiri oleh orang tuanya dan mereka menunggui anaknya hingga pulang sekolah karena waktu belajar anaknya tak terlalu lama. Kesempatan ini dapat dimanfaatkan untuk diadakan parenting class dengan mendatangkan narasumber yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Parenting class dilaksanakan secara berkala dan di antara satu pertemuan ke pertemuan berikutnya dapat diberikan lembar evaluasi diri kepada para orang tua murid terkait dengan pola pengasuhan orang tua di rumah. Meskipun pertemuan orang tua yang diadakan pihak TK selama ini sudah dilaksanakan, tetapi pelaksanaannya masih belum optimal. Penelitian ini berusaha membuat model yang dapat direkomendasikan untuk pelaksanaan parenting class di TK-TK yang ada di Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan (research and development) dan akan dilakukan selama dua tahun di TK-TK yang ada di Tangerang Selatan, dan tiap tahunnya dilaksanakan dalam enam kali pertemuan, pada tahun ajaran 2013/2014 dan 2014/2015.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2013_127
Uncontrolled Keywords: Parenting Class, Pola Asuh Orang Tua, Anak Usia Dini, Taman Kanak-kanak
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 306.874 Parenthood (Orang Tua )
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School (Pendidikan Pra Sekolah)
600 Technology and Applied Sciences > 640-649 Home Economic and Family Living (Kesejahteraan Rumah Tangga dan Kehidupan Keluarga) > 649.1 Child Rearing, Child Care (Mengasuh Anak)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 09 Nov 2016 01:50
Last Modified: 09 Nov 2016 01:50
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5951

Actions (login required)

View Item View Item