Pengembangan Strategi Belajar Mandiri Mahasiswa untuk Mata Kuliah Metode Penelitian( IDIK 4007) (Suatu Studi pada Mahasiswa S1 PG PAUD di UPBJJ- UT Surakarta)

Harsasi, and Supadmi, (2012) Pengembangan Strategi Belajar Mandiri Mahasiswa untuk Mata Kuliah Metode Penelitian( IDIK 4007) (Suatu Studi pada Mahasiswa S1 PG PAUD di UPBJJ- UT Surakarta). Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2012_181.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul "Pengembangan Strategi Belajar Mandiri untuk Mata Kuliah Metode Penelitian(IDIK 4007)(Suatu Studi pada Mahasiswa S1 PG PAUD diUPBJJ Surakarta"ini dilaksanakan dengan tujuan:1) Meningkatkan kualitas strategi belajar mandiri mahasiswa dalam mempelajari MK IDIK 4007,2) Mengidentifikasi kesulitan belajar mahasiswa,3) mendeskripsikan penerapan Strategi Belajar Mandiri, dan 4) Mengembangkan Strategi Belajar Mandiri untuk mahasiswa. Fokus masalah pada penelitian ini adalah Bagaimanakah Pengembangan Strategi Belajar Mandiri untuk Mata Kuliah Metode Penelitian bagi mahasiswa S1 PG PAUD? Hasil penelitian menunjukkan :1)Pada umumnya mahasiswa S1 PG PAUD sebelum mendapat informasi secara detail tentang model Strategi Belajar Mandiri,untuk mempelajari Modul Metode Penelitian masih mengalami kesulitan pada setiap indikator( kognitif, minat dan kemauan, sarana belajar,dan lingkungan belajar), 2) Pada umumnya sebelum mendapat informasi secara detail tentang strategi belajar mandiri, mahasiswa belum cukup baik dalam menerapkan strategi belajar mandiri pada hampir semua indicator (kesiapan belajar,inisiatif,tanggungjawab, motivasi, sumber belajar, dan lingkungan belajar), 3) Setelah diberi penjelasan secara detail melalui treatment tentang Strategi belajar Mandiri, maka telah terjadi peningkatan jumlah mahasiswa yang telah menerapkan strategi belajar mandiri sesuai anjuran dalam mempelajari modul IDIK 4007,dan sebagian besar mahasiswa telah mampu mengatasi kesulitan belajar mereka .4) sebagian mahasiswa tidak bisa dengan serta merta mengubah kebiasaan belajar sebelumnya(tradisional), 5) Mahasiswa yang lulus pada mata kuliah IDIK 4007 mencapai 86,7%

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2012_181
Uncontrolled Keywords: strategi belajar, mandiri, pengembangan
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 09 Nov 2016 04:22
Last Modified: 09 Jul 2018 08:55
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6008

Actions (login required)

View Item View Item