Persepsi Mahasiswa Tentang Layanan Dan Pedoman Praktikum Tahun 2011 Serta Implikasinya Terhadap Layanan Praktikum Program Studi Agribisnis (Studi Kasus Di UPBJJ-UT Serang)

Abzeni, and Herawati, Is Eka (2012) Persepsi Mahasiswa Tentang Layanan Dan Pedoman Praktikum Tahun 2011 Serta Implikasinya Terhadap Layanan Praktikum Program Studi Agribisnis (Studi Kasus Di UPBJJ-UT Serang). Project Report. Universitas Terbuka, Serang.

[img]
Preview
Text
2012_201.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (790kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah; (1) mengetahui gambaran karakteristik dan perilaku mahasiswa PS Agribisnis; (2) mengetahuai persepsi mahasiswa PS Agribisnis UPBJJ-UT Serang tentang layanan praktikum (panduan pelaksanaan praktikum 2011); (3) merekomendasikan perbaikan layanan praktikuk Universitas Terbuka (layanan UPBJJ, panduan dan prosedur/petunjuk teknis pelaksanaan. Metodologi yang digunakan adalah deskriftif kualitatif dengan alat kuesioner yang disebarkan kepada 111 mahasiswa dan kembali 92 kuesioner diolah menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian diperoleh bahwa karakteristik mahasiswa PS Agribisnis UPBJJ-UT Serang mayoritas berusia dibawah 35 tahun (75%), sebagain besar (85,9%) berjenis kelamin laki-laki. Diperoleh informasi sebagian besar (63,10%) responden sudah bekerja sebagai penyuluh baik PNS maupun Non PNS. Gambaran perilaku mahasiswa PS Agribisnis digambarkan dari frekuensi mengunjungi UPBJJ tercatat 37% mahasiswa mengunjungi UPBJJ satu semester hanya 1 kali. Mayoritas mahasiswa mengetahui panduan praktikum Tahun 2011 melalui pengurus pokjar (34,89%). Diperoleh informasi bahwa sarana yang efektif untuk memperkenalkan suatu panduan baru (missal panduan praktikum agribisnis) menurut mahasiswa adalah melalui SMS (30,26%) dan surat kabar (19,49%). Untuk persepsi mahasiswa secara keseluruhan aspek pedoman, materi dan layanan praktikum menunjukan positif. Persepsi mahasiswa diuji dengan uji Chi Square dan karena terdapat hubungan maka dilakukan pengujian secara lebih lanjut dengan uji “Mann-Whitney” dengan probabilitas 0,05. Karena angka pada kolom EXACT. SIG (1-tailed) yaitu 0,006, 0,008 dan 0,001 yang jauh di bawah 0,05 maka H0 ditolak, sehingga kesimpulannya adalah; (1) kemampuan untuk mudah memahami pedoman praktikum agribisnis dengan pekerjaan mahasiswa sebagai penyuluh “lebih baik” dibandingkan dengan mahasiswa yang berprofesi sebagai Non-Penyuluh; (2) Kemampuan memahami bahasa yang digunakan dalam pedoman cukup mudah dimengerti dengan pekerjaan mahasiswa sebagai penyuluh “lebih baik” dibandingkan dengan mahasiswa yang berprofesi sebagai Non-Penyuluh; (3) kemampuan untuk mudah memahami Materi praktikum yang pernah diambil bagi bagi mahasiswa yang berprofesi penyuluh “lebih baik” dibandingkan dengan mahasiswa yang Non-Penyuluh. Dari hasil yang diperoleh ada kecenderungan mahasiswa mengalami kesulitan memahami panduan praktikum Tahun 2011 terutama mahasiswa non penyuluh, mereka merasakan panduan praktikum kurang sistematis dan detail. Mahasiswa mengharapkan panduan praktikum dibuat lebih detail disarankan untuk memberikan kisi-kisi yang mencantumkan aspek-aspek apa saja yang harus dimasukan oleh mahasiswa kedalam setiap bagian laporan. Jika perlu diberikan juga skor penilaian untuk setiap aspek yang diminta dalam laporan praktikum. Sejalan dengan hasil wawancara dengan penilai laporan yang menyatakan bahwa ada kelemahan mahasiswa dalam menuliskan bagian pembahasan pada laporan praktikum, perlu dipikirkan cara bagaimana agar kesulitan mahasiswa dapat teratasi, misalnya dengan memberikan contoh-contoh pembahasan yang baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2012_201
Uncontrolled Keywords: persepsi mahasiswa, layanan praktikum, agribisnis
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 09 Nov 2016 08:44
Last Modified: 04 Oct 2018 10:25
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6079

Actions (login required)

View Item View Item