Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Fenomena Alam Untuk Meningkatkan Curiousity Dan Penguasaan Konsep Siswa SMP Pada Materi Gerak Tumbuhan.

Hadiryanto, Soleh and Thaib, Dina and Saidah, Chofnia and Hendrayana, Angga Sucitra (2014) Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Fenomena Alam Untuk Meningkatkan Curiousity Dan Penguasaan Konsep Siswa SMP Pada Materi Gerak Tumbuhan. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2014_155.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dpenelitian ini adalah menganalisis peningkatan curiousity dan penguasaan konsep siswa SMP setelah mengikuti pembelajaran inkuiri berbasis fenomena alam pada materi gerak tumbuhan. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan desain A Randomized Pretest-Postest Control Group Design. Dalam pelaksanaan penelitian, kelas eksperimen menggunakan pembelajaran inkuiri berbasis fenomena alam dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan ialah tes penguasaan konsep dan kuesioner curiousity siswa. Hasil perhitungan N-gain skor menunjukkan terdapat peningkatan curiousity dan penguasaan konsep siswa baik pada kelompok eksperimen maupun kontrol, tetapi peningkatan pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding dengan kelompok kontrol. Melalui uji beda dua rata-rata menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan curiousity dan penguasaan konsep siswa pada taraf kepercayaan α 0,05 antara siswa yang belajar dengan pembelajaran inkuiri berbasis fenomena alam dan yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Peningkatan curiousity dan penguasaan konsep siswa yang belajar dengan pembelajaran inkuiri berbasis fenomena alam pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding dengan yang belajar melalui pembelajaran konvensional pada kelompok kontrol.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_155
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran inkuiri, curiousity, penguasaan konsep
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 10 Nov 2016 03:12
Last Modified: 19 Jun 2020 08:34
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6139

Actions (login required)

View Item View Item