Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Representasi Matematis Siswa SMP

Noviyanti, Mery and Yumiati, (2014) Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Representasi Matematis Siswa SMP. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2014_156.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hasil penelitian mengenai rendahnya kemampuan penalaran dan representasi matematis siswa pada pembelajaran matematika. Sementara itu, penalaran matematis sangat penting untuk membekali siswa menghadapi tantangan dunia yang semakin berkembang, dan representasi sangat penting untuk matematika karena representasi merujuk pada pembentukan abstraksi dan demonstrasi pengetahuan matematika, serta ilustrasi dari situasi pemecahan masalah matematika. Untuk dapat meningkatkan kemampuan tersebut, perlu dilakukan pembelajaran matematika yang memberikan kesempatan siswa secara bebas dalam bernalar dan memecahkan masalah. Salah satunya adalah melalui pembelajaran inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk: memperoleh model dan bahan pembelajaran inkuiri terbimbing yang dapat meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis (KPM) dan Kemampuan Representasi Matematis (KRM) siswa, serta menganalisis secara komprehensif perbedaan pencapaian dan peningkatan KPM dan KRM siswa yang mendapat pembelajaran inkuiri terbimbing dan yang mendapat pembelajaran konvensional. Di samping itu, penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan artikel untuk seminar dan jurnal nasional/internasional. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian dan pengembangan (Research and Development) selama dua tahun dengan tahapan sebagai berikut. 1) Tahap studi pendahuluan dilakukan dengan menerapkan deskriptif kualitatif; 2) Tahap uji coba terbatas dan uji coba lebih luas dilakukan dengan menerapkan metode eksperimen dengan desain single one shot case study untuk uji coba terbatas dan one group pretes-postest untuk uji coba yang lebih luas; 3) Tahap penerapan dengan menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretes-postest with control group design. Tahap pertama dan tahap kedua penelitian dilakukan pada tahun pertama dan tahap ketiga penelitian dilakukan pada tahun kedua. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini sebagai berikut: 1) Validasi isi dan muka tes KPM dan tes KRM dinyatakan valid dengan revisi; 2) Uji coba tes KPM mendapatkan hasil: ketiga butir soal KPM valid dengan reliabilitas 0,70 berkategori tinggi, butir soal 1 dan 2 memiliki tingkat kesukaran sedang dan butir soal 3 termasuk sukar, daya pembeda butir soal 1 dan 3 berkategori cukup dan butir soal 2 sangat baik; 3) Ujicoba tes KRM mendapatkan hasil: kedua butir soal KRM valid dengan reliabilitas 0,70 berkategori tinggi, kedua soal KRM memiliki tingkat kesukaran sedang dan daya pembeda baik; 4) Uji coba model secara terbatas menghasilkan: pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan KPM dan KRM siswa. Hal ini ditunjukkan dengan terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretes dan postes dari KPM dan KRM siswa. Peningkatan KPM dan KRM siswa masing-masing sebesar 0,35 dan 0,303 berada pada kategori sedang; 5) Uji coba model yang lebih luas menghasilkan: pembelajaran inkuiri terbimbing lebih efektif dalam pencapaian dan peningkatan KPM dan KRN siswa dibandingkan pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan terdapat perbedaan yang signifikan KPM dan KRM antara siswa kelompok pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa kelompok pembelajaran konvensional. KPM dan KRM siswa kelompok pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dari siswa kelompok pembelajaran konvensional. Peningkatan KPM siswa kelompok pembelajaran inkuiri terbimbing sebesar 0,33 berada pada kategori sedang, sedangkan peningkatan KRN siswa kelompok pembelajaran konvensional sebesar 0,19 berada pada kategori rendah. Besarnya peningkatan KRM siswa kelompok pembelajaran inkuiri terbimbing adalah 0,41 berada pada kategori sedang, dan peningkatan KRM siswa kelompok pembelajaran konvensional sebesar 0,26 berada pada kategori rendah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_156
Uncontrolled Keywords: Kemampuan penalaran matematis, kemampuan representasi matematis, pembelajaran inkuiri terbimbing.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510.285 Data Processing and Analysis of Mathematics/Pengolahan dan Analisa Data di Bidang Matematika
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 10 Nov 2016 03:18
Last Modified: 24 Jul 2019 02:46
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6140

Actions (login required)

View Item View Item