Sawir, Ismed and Anfas, (2012) Tutorial Dengan Metode Diskusi Kelompok Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Peserta TTM ATPEM Non Pendas Di UPBJJ-UT Ternate. Project Report. Universitas Terbuka, Ternate.
|
Text
2012_224.pdf Download (757kB) | Preview |
Abstract
Tutorial merupakan bantuan belajar, maka yang terpenting dalam penyelenggaraannya adalah bagaimana upaya tutor dalam meningkatkan kemandirian, disiplin, dan inisiatif diri mahasiswa dalam belajar dengan meminimumkan intervensi dari Tutor. Ada banyak model tutorial yang dapat dikembangkan oleh tutor guna mendukung keberhasilan belajar mandiri mahasiswa. Setiap model tutorial memiliki fokus penekanan yang berbeda dan hanya tepat digunakan dalam kegiatan tutorial apabila persyaratannya terpenuhi. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Diskusi Kelompok dalam kegiatan tutorial terhadap prestasi Belajar Mahasiswa TTM Atpem Non Pendas masa registrasi 2012.1 di UPBJJ-UT Ternate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelulusan matakuliah TTM Atpem pada kelas tutorial menggunakan metode diskusi adalah 100%, Sedangkan tingkat kelulusan matakuliah TTM Atpem pada kelas tutorial menggunakan metode Tanya jawab adalah 93,94%. Berdasarkan uji chi square, hasil ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap perolehan nilai semester pada matakuliah-matakuliah yang ditutorialkan antara peserta tutorial dengan metode Diskusi Kelompok dibandingkan dengan peserta tutorial dengan metode tanya jawab.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 2012_224 |
Uncontrolled Keywords: | Diskusi Kelompok, Prestasi Belajar, TTM Atpem, Mahasiswa Non-Pendas |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 10 Nov 2016 03:50 |
Last Modified: | 31 Aug 2018 07:44 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6157 |
Actions (login required)
View Item |