Meningkatkan Efektivitas Pelaksanaan Tutorial Tatap Muka Melalui Pengembangan Model Pemanfaatan Tutorial KIT

Andriani, Durri and Hardini, Sri Yuniati Putri Koes (2014) Meningkatkan Efektivitas Pelaksanaan Tutorial Tatap Muka Melalui Pengembangan Model Pemanfaatan Tutorial KIT. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2014_146.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya yang dilakukan Universitas Terbuka (UT) untuk menjamin kualitas proses belajar adalah dengan mengimplementasikan kebijakan yang terkait dengan tutorial. Upaya yang dilakukan mencakup melakukan akreditasi tutor dan menyediakan kit tutorial yang terstandar. Tutor yang terakreditasi disyaratkan lulus proses evaluasi sehingga mereka layak menerima sertifikat kelayakan yang mencerminkan kompetensi mereka sebagai tutor di lingkungan UT. Salah satu indikasi tutor yang kompeten adalah kemampuan untuk mengembangkan kit tutorial yang berkualitas tinggi. Kit tutorial merupakan satu set media belajar yang digunakan pada tutorial. Setiap matakuliah memiliki satu set kit tutorial yang berisi satu peta konsep, satu Garis Besar Program Pembelajaran, delapan materi tutorial dalam format sajian powerpoin, dan tiga tugas. Idealnya seluruh tutor sudah terakreditasi. Namun pada kenyataannya, kerena keterbatasan pakar, sebagian tutor masih belum terakreditasi. Sampai dengan Desember 2012, masih ada lebih dari 40% tutor yang belum diakreditasi. Untuk mengatasi masalah kualitas pada tutorial, UT menetapkan kebijakan untuk menyediakan kit tutorial baku untuk digunakan tutor yang belum mampu mengembangkan sendiri kit tutorial yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan UT. Kit tutorial dikembangkan oleh Tim Pakar di UT Pusat dan kit yang sudah memenuhi persyaratan diunggah ke website UT. UT melalui Pembantu Rektor Bidang Akademik mengirim surat pemberitahuan ke seluruh Unit Pelaksana Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT tentang ketersediaan dan cara memanfatkan kit tutorial. Disamping itu, dalam surat tersebut dijelaskan juga personel yang bertanggung jawab terhadap penyebaran kit tutorial.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_146
Uncontrolled Keywords: tutorial tatap muka, model pemanfaatan tutorial kit
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 10 Nov 2016 06:06
Last Modified: 14 Sep 2018 09:23
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6202

Actions (login required)

View Item View Item