Hubungan Antara Beberapa Variabel Presage Internal Psikis Dengan Ketrampilan Merumuskan Pertanyaan dalam Membuat Persiapan Mengajar: Studi Eks Post fakto Pada Seko1ah Pendidikan Guru Negeri Di Wilayah DKI Jakarta (1984)

Poernami, Sri (1987) Hubungan Antara Beberapa Variabel Presage Internal Psikis Dengan Ketrampilan Merumuskan Pertanyaan dalam Membuat Persiapan Mengajar: Studi Eks Post fakto Pada Seko1ah Pendidikan Guru Negeri Di Wilayah DKI Jakarta (1984). Doctoral thesis, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta.

[img]
Preview
Text
40046.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan posltif antara ketrampilan merumuskan pertanyaan da1am membuat Persiapan Mengajar (variabe1 Y) dengan beberapa variabel presage internal psikis (variabel X), terdiri Jari kecerdasan,kreativitas dan lima kalegori sikap terhadap Program Penilaian Hasil Belajar. Lima kategori sikap terdiri dari kategori sikap kognitif, kategori sikap faedah, kategori sikap daya tarik emosional, kategori sikap lesu, dan kategori sikap sulit. Responden penelitian adalah para siswa kelas III SPG tahun ajaran 1984-1985. Pene1itian berjenis Eks Post Facto. Analisis data menggunakan regresi tungga1 dan regresi ganda. Dalam studi regresi ini variabll Y adalah respon dan variabel X adalah prediktor. Tes TIKI digunakan untuk mengumpulkan data kecerdasan, tes Baterei Kreativitas Verbal untuk kreativitas, Adjective Rating Scale untuk lima kategori sikap , dan blanko kerja untuk ketrampilan merumuskan pertanyaan. Pengumpulan data variabe1 X dilakukan sebelum variabel Y. Taraf kepercayaan yang digunakan 95%. Hipotesa penelitian adalah "ada hubungan positif antara ketrampilan merumuskan pertanyaan dengan kecerdasan, kreativitas, dan lima kategori sikap terhadap program Penilaian Hasil Belajar secara sendiri-sendiri" dan "ada hubungan positif antara ketrampilan merumuskan pertanyaan dengan variabel-variabel presage internal psikis secara ganda." Penelitian menyimpulkan, ada hubungan prediktif antara variabel Y dengan setiap variabel X. Pengaruh terbesar dari variabel prediktor pada variabel respon didapat dari variabel kreativitas (Xk). Pada hubungan prediktif ini pengaruh dari variabel-variabel kategori sikap kognitif (Xc), kategori sikap faedah (Xf), kategori sikap daya tarik emosional (Xe ) pada variabel Y tidak teruji signifikansinya pada p = 0,05. Pada uji regresi ganda, terbukti ada hubungan prediktif antara variabel X sebagai kesatuan dengan variabel Y. Pengaruh paling kuat diperoleh dari variabel Xk. Pada uji regresi ganda ini, ada dua koefisien regresi (yaitu Xf dan Xe) yang menunjuk adanya hubungan negatif dengan variabel Y, namun tidak teruji signifikansinya pada p = 0,05. Penemuan lainnya adalah terdapatnya perbandingan tak seimbang antara jumlah pertanyaan reproduktif dan pertanyaan produktif, yaitu 1 : 4, yang dirumuskan oleh para responden. Diharapkan, hasil-hasil penelitian ini dapat menjadi masukan yang berharga bagi Sekolah Pendidikan Guru Negeri dalam usahanya untuk memperbaiki siswa calon guru dalam membuat Persiapan Mengajar khususnya ketrampilannya merumuskan pertanyaan, dan dapat digunakan untuk meningkatkan mutu lulusan sekolah-sekolah itu di DKI Jakarta.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information (ID): 40046.pdf
Uncontrolled Keywords: Kependidikan,mengajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Disertasi
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 21 Nov 2016 04:24
Last Modified: 14 Feb 2017 03:36
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6241

Actions (login required)

View Item View Item