Mahrita, (1991) Hubungan antara Keterampilan Belajar dengan Kemandirian Belajar serta Motiyasi Berprestasi dan Jangka Waktu Pendidikan Tertentu Penelitian di UPBJJ-UT Banjarmasin. Doctoral thesis, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta.
|
Text
40066.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) | Preview |
Abstract
Penelitian terhadap para mahasiswa Universitas Terbuka ini bertujuan untuk menemukan Universitas Terbuka ini bertujuan untuk menemukan hubungan keterampilan belajar dan kemandirian belajar, motivasi berprestasi dan jangka waktu pendidikan yakni, 1) apakah semakin tinggi kemandirian belajar, semakin tinggi juga keterampilan belajar dan kemandirian belajar, 2) apakah hubungan keterampilan belajar dan kemandirian belajar dalam keadaan motivasi berprestasi tinggi lebih besar daripada hubungan tersebut dalam motivasi berprestasi rendah dan 3) apakah hubungan keterampilan belajar dan kemandirian belajar pada jangka waktu pendidikan lama, lebih besar daripada hubungan tersebut pada jangka waktu pendidikan singkat. Penelitian dilakukan pada Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka di Banjaroasin pada tahun 1989. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa yang terdaftar dan aktif pada beberapa bidang studi yang ada di sana. Jumlah sampel sebanyak 167 orang, yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan dengan menggunakan, (1) skala keterampilan belajar ialah instrumen untuk mengukur keterampilan belajar yang dikembangkan berdasarkan buku Panduan untuk Mahasiswa Universitas Terbuka, (2) tes bentuk tersembunyi untuk mengukur tingkat kemandirian belajar. yang diadaptasi dari Embedded Figure Test yang disusun oleh Witkin, (3) instrument untuk mengukur motivasi berprestasi yang dikembangkan berdasarkan tes Mehrabian dan ( 4) instrumen pengukur jangka waktu pendidikan. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan teknik regresi linier sederhana dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ( 1) terdapat hubungan positif berbanding lurus antara keterampilan belajar dan kemandirian belajar. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kemandirian belajar, semakin tinggi juga keterampilan belajar, (2) hubungan keterampilan belajar dan kemandirian belajar dalam keadaan motivasi berprestasi tinggi lebih besar daripada hubungan tersebut dalam motivasi berprestasi rendah dan (3) hubungan keterampilan belajar dan kemandirian belajar pada jangka waktu pendidikan lama lebih besar daripada hubungan tersebut pada jangka waktu pendidikan singkat. Namun dilihat dari perbedaan lama atau singkatnya jangka waktu pendidikan, perbedaan hubungan tersebut ternyata tidak signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbang saran kepada para pengelola UT dalam menentukan kebijaksanaan. Selain itu penemuan diharapkan memberikan manfaat terhadap para tutor dalam rangka membar1tu mahasiswa untuk mengatasi kesulitan belajar melalui kegiatan bimbingan dan penyuluhan. Diharapkan juga para mahasiswa UT memperoleh masukan berharga dalam usaha memperbaiki dan meningkatkan keterampilan belajar, agar mereka dapat menacapai keberhasilan belajar dan sukses yang diinginkan
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information (ID): | 40066.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, pendidikan jarak jauh,pendidikan tinggi |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Disertasi |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 09 Dec 2016 09:10 |
Last Modified: | 06 Feb 2019 07:57 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6288 |
Actions (login required)
View Item |