Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Category: Tesis (TAPM)

Supriyono, Agus (2013) Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Category: Tesis (TAPM). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41436.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar matematika antara siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan metode inkuiri dengan hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian eksperimen. Pembelajaran memilih dua kelas, kelas pertama sebagai kelas control dengan proses pembelajaran biasa (konvensional), sedangkan kelas kedua yaitu kelas eksperimen dengan proses pembelajaran menggunakan metode inkuiri. Setelah diberi perlakuan dengan topic materi yang sama, siswa pada kedua kelas tersebut lalu diuji untuk mengetahui dampak. Penelitian ini memiliki satu variabel bebas (X) yaitu metode pembelajaran matematika dan dua variabel terikat (Y) yaitu hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Baik kelas control maupun kelas eksperimen diberikan pretest dan postest. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas XI IPA Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Metro, semester genap tahun pelajaran 2012-2013 sampel penelitian dibagi dengan cara random sampling, dalam kelas eksperimen dan kelas control. Analisis hipotesis dilakukan dengan menggunakan perhitungan Cronbach’s Alpha atau Koefisien Alpha pengujian kedua hipotesis di atas menggunakan uji perbedaan rata-rata atau uji-t, hasil analisis menunjukan perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibanding dengan siswa yang diajar melalui pembelajaran konvensional, diperoleh nilai rata-rata untuk siswa dengan motivasi rendah adalah 60,58 standardeviasi 8,93 sedangkan siswa dengan motivasi rendah di kelas control memiliki rata-rata (pair 1) 52,58. Siswa dengan motivasi tinggi di kelas eksperimen menunjukan nilai 75,00 sedangkan di kelas control 68,33. Kesimpulan membuktikan Metode pembelajaran inkuiri sangat berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Motivasi Belajar Siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode inkuiri lebih tinggi dari pada motivasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41436.pdf
Uncontrolled Keywords: learning outcomes, learning motivation, inquiry methods, hasil belajar, motivasi belajar, metode inkuiri Koleksi Perpustakaan Universitas Terbuka
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 511.8 Mathematical Models, Mathematical Simulation/Matematika Model, Simulasi Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 02 Aug 2016 04:33
Last Modified: 02 Aug 2016 04:33
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/629

Actions (login required)

View Item View Item