Hubungan Antara Hasil Belajar Dan Persepsi Kegiatan Belajar. Kebutuhan. Sikap Inovatif, Dan Ketrampilan Sosial Warga Belajar Kejar Paket A; Suatu Survei Di Sulawesi Selatan ( 1985)

Rahamma, Tawany (1986) Hubungan Antara Hasil Belajar Dan Persepsi Kegiatan Belajar. Kebutuhan. Sikap Inovatif, Dan Ketrampilan Sosial Warga Belajar Kejar Paket A; Suatu Survei Di Sulawesi Selatan ( 1985). Doctoral thesis, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta.

[img]
Preview
Text
40058.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan an tara faktor-faktor: ( 1) Persepsi Kegiatan Belajar, (2) Kesesuaian Program dengan Kebutuhan Belajar, (3) Sikap Inovatif, dan (4) Ketrampilan Sosial, sebagai peubah prediktor, dan Hasil Belajar Warga Belajar Kejar Paket A, sebagai peubah kriterium. Lebih lanjut, penelitian juga bermaksud untuk mengungkapkan kontribusi peubah-peubah prediktor, baik satu per satu maupun bersama-sama, pada peubah kriterium. Penelitian ini merupakan suatu survei yang dilakukan di Sulawesi Selatan pada tiga Kotamadya/Kabupaten, yaitu Kotamadya Ujung Pandang, Kabupaten Maros, dan Kabupaten Gowa. Dari masing-masing Kotamadya/Kabupaten kemudian dipilih tiga Kecamatan, dan dari masing- masing Kecamatan yang terpilih kemudian ditetapkan tiga Kelurahan/Desa sebagai daerah penelitian. Warga belajar Kejar Paket A yang diteliti sebagai contoh seluruhnya berjumlah 420 orang. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan lima rnacam instrumen, yai tu Te stratergi Paket A Terpadu, Skala Rating Persepsi Kegiatan Belajar, Daftar Cek Kesesuaian Program ciengan Kebutu.han Belajar, Skala Sikap Inovatif, dan Skala Rating Ketrampilan Sosial. Semua instrumen ini mempunyai validitas internal p L 0,05, dengan ukuran keandalan, berturut-turut, r = 0,69 (KR 21), a= 0,61, a= 0,86, a= 0,79, dan a= 0,90 (Koefisien Alpha) Untu. keperluan anlisis, semua skor mentah dari hasil pengukuran di terjemahkan ke dalam skor sembilan baku (Stanine), dengan rentangan skor 1 sampai 9. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan jamak dengan menggunakan distribusi statistic “F” untuk menguji keberartian regresi dan distribusi statistic "t" untuk menguji keberartian koefisien regresi pada taraf nyata, a = 0,05. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa peubah (1) Persepsi Kegiatan Belajar (r = 0,65), (2) Kesesuaian Program dengan Kebutuhan Belajar (r = 0,68), Sikap Inovatif (r = 0,38), dan (4) Ketrampilan (3) So sial (r = 0,38), baik satu per satu maupun bersama-sama kecuali peubah Ketrampilan Sosial, mempunyai kontribusi positif yang nyata (p k 0,05) pada hasil belajar warga belajar Kejar Paket A (R2 = 0,62). Khusus untuk peubah Ketrampilan Sosial, kontribusinya pada hasil belajar warga belajar Kejar Paket A hanya nyata, jika ia berdiri sendiri. Di dalam model regresi linier jamak, -""'- ( Y =5,233+0,422X1+0,436X2+0,078X3+0,054X4 ), kontribusinya pada hasil belajar vvarga belajar Kejar Paket A tersalur melalui peubah-peubah: Sikap Inovatif (P21 = 0,34), Kesesuaian Program dengan Kebutuhan Belajar (P31 = 0,32), dan Persepsi Kegiatan Belajar (P41=0,10).

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information (ID): 40058.pdf
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150-159 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 153.7 Perceptual Process (Proses Persepsi)
300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 305 Social Groups (Kelompok-kelompok Sosial)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Disertasi
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 23 Jan 2017 08:33
Last Modified: 24 Jan 2017 04:02
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6330

Actions (login required)

View Item View Item