Responsivitas Pelayanan Badan Pusat Statistik Kabupaten Sintang

Herwanto, Momon (2015) Responsivitas Pelayanan Badan Pusat Statistik Kabupaten Sintang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42535.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai responsivitas pelayanan Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Sintang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis responsivitas pelayanan Badan Pusat Statistik Kabupaten Sintang yang terdiri dari: Menganalisis keluhan dari pengguna data;Menganalisis sikap petugas pelayanan di BPS Sintang dalam merespon keluhan pengguna data; serta menganalisis tindakan aparat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pemeriksaan validitas data yang digunakan yaitu dengan menggunakan teknik triangulasi Sumber data terdiri dari informan internal yaitu aparatur Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Sintang diperoleh data perihal layanan publik yang diberikan kepada masyarakat dan bagaimanakah menyikapi keluhan dari masyarakat. Sedangkan dari masyarakat pengguna layanan diperoleh data atau informasi tentang aspek pelayanan publik yang diberikan oleh petugas Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Sintang dan bagaimanakah penilaian masyarakat tentang penyikapan yang diberikan. Selain dari informan internal dan eksternal data juga diperoleh dari dokumen-dokumen yang didapat dari Pegawai BPS,disini peneliti melakukan check and recheck antara satu sumber data dengan sumber data yang lainnya Hasil penelitian memperlihatkan tingkat responsivitasnya terhadap keluhan masyarakat cenderung sedang. Sikap aparatur BPS Kabupaten Sintang dalam Program Penyediaan dan Pelayanan Informasi Statistik sudah cukup baik dan sabar dalam menanggapi keluhan dari masyarakat pengguna data. Aparatur BPS Kabupaten Sintang memiliki tingkat pendidikan formal yang relatif tinggi,dan juga punya kemampuan untuk pengembangan diri atau peningkatan kapasitas diri, hal ini terlihat penting dalam peningkatan responsivitas pelayanan. Dalam menanggapi keluhan masyarakat pengguna layanan Program Penyediaan dan Pelayanan Informasi Statistik, upaya yang dilakukan BPS Kabupaten Sintang adalah dengan menjadikan masukan atau saran dari masyarakat ataupun dinas instansi sebagai referensi perbaikan untuk pelaksanaan program ke depan. Tindakan aparatur Kantor BPS Kabupaten Sintang dalam menanggapi keluhan sangat baik, selain itu masyarakat maupun dinas instansi terkaitjuga telah ditempatkan dalam sistem Program Penyediaan dan Pelayanan Informasi Statistik,walaupun dalam pelaksanaannya belum optimal. Memperhatikan hasil penelitian, Perlunya diadakan workshop, pelatihan-pelatihan ataupun bimbingan teknis bagi pegawai guna peningkatan kemampuan aparatur Kantor BPS Kabupaten Sintang. Perlunya peningkatan sarana prasarana penunjang pelayanan publik. Walaupun responsivitas pelayananan publik baik tetapi tidak akan efektif memberikan layanan yang memuaskan apabila di dalam proses pemberian layanan tersebut tidak tersedia sarana prasarana penunjang yang memadai. Perlunya menerapkan sistem insentif bagi pegawai Kantor BPS Kabupaten Sintang guna meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42535.pdf
Uncontrolled Keywords: Service responsivity, central bureau of statistic,Responsivitas Pelayanan, Badan Pusat Statistik
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 Mar 2017 02:26
Last Modified: 20 Mar 2017 02:26
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6470

Actions (login required)

View Item View Item