Kontribusi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Peranan Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Pemahaman Peserta Didik Pada Konsep Magnet di SMPN 1 Labuan, Pandeglang

Haryati, Een (2016) Kontribusi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Peranan Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Pemahaman Peserta Didik Pada Konsep Magnet di SMPN 1 Labuan, Pandeglang. In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).

[img]
Preview
Text
TING2016ST1-02.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep magnet peserta didik ditinjau dari proses pembelajaran dan kemampuan awal peserta didik. Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran ekspositori, sedangkan kemampuan awal peserta didik dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori tinggi dan rendah. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik SMPN 1 Labuan Kabupataen Pandeglang Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX yang berjumlah 9 kelas sedangkan sampelnya adalah dua kelas yaitu IX A sebagai kelas eksperimen dan IX B sebagai kelas kontol. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep magnet berbentuk uraian sebanyak 5 butir soal dan tes kemampuan awal peserta didik berbentuk pilihan ganda sebanyak 10 butir soal. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ANAVA Dua Jalur faktorial 2X2. Berdasarkan hasil analisis pada taraf signifikansi 5% didapatkan hasil bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep magnet antara peserta didik yang mendapatkan pembelajaran inkuiri dan pembelajaran ekspositori dan (2) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep magnet antara peserta didik yang mempunyai kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal rendah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): TING2016ST1-02.pdf
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Inkuiri, Pembelajaran Eksposiotri, Kemampuan Awal, Pemahaman Konsep Magnet.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII
Depositing User: rudi sd
Date Deposited: 20 Mar 2017 03:06
Last Modified: 20 Mar 2017 03:06
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6473

Actions (login required)

View Item View Item