Pembelajaran Cem-Learning (C-Learning, E-Learning, M-Learning) Menuju Era Pembelajaran Digital

Pujiono, (2016) Pembelajaran Cem-Learning (C-Learning, E-Learning, M-Learning) Menuju Era Pembelajaran Digital. In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).

[img]
Preview
Text
TING2016ST1-14.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat mengubah teknologi tradisional menjadi teknologi digital. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dari teknologi digital dalam dunia pendidikan memiliki peran yang penting terhadap peningkatan kualitas pembelajaran. TIK memberikan alternatif media yang sangat potensial dalam alternatif perbaikan pembelajaran di era digital ini. TIK sebagai alat bantu pembelajaran dapat mengubah sistem pembelajaran tradisional menjadi sistem pembelajaran modern. Pembelajaran CEM-Learning merupakan penggabungan dari strategi pembelajaran tradisional (c-Learning) dan modern (e-Learning dan m-Learning). Pembelajaran CEM-Learning menjadi salah satu solusi perbaikan dalam pembelajaran. Tujuan Pembelajaran CEM-Learning adalah melaksanakan pembelajaran yang lebih baik dengan menggabungkan keunggulan dari pembelajaran konvensional dan pembelajaran modern. Keunggulan pembelajaran ini adalah dapat melengkapi kekurangan pembelajaran e-learning dan m-learning serta menutupi ketertinggalan dari pembelajaran konvensional, yang akhirnya daharapkan dapat meningkatkan kompetensi peserta didik di era pembelajaran digital. Kekurangan pembelajaran ini adalah tingginya biaya pengadaan dan pembiayaan media pembelajaran yang sangat beragam, tidak semua tempat tersedia fasilitas internet, memerlukan persiapan konten pembelajaran yang dirancang secara khusus dan kurangnya pengetahuan terhadap penggunaan teknologi. Implementasi Pembelajaran CEM-Learning mempertimbangkan karakteristik sumber daya manusia (guru/pengajar dan peserta didik), dan tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran, serta sarana dan prasarana pada lembaga pendidikan. Pembelajaran ini dapat diimplementasikan mulai dari pendidikan dasar sampai dengan perguruan tinggi

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): TING2016ST1-14.pdf
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran CEM-Learning, c-learning, e-learning, m-learning
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII
Depositing User: rudi sd
Date Deposited: 20 Mar 2017 06:03
Last Modified: 20 Mar 2017 06:03
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6485

Actions (login required)

View Item View Item