Kearifan Lokal dan Pembelajaran Era Digital: Antara Harapan dan Fakta (Persepsi Guru Tk di Wilayah Yogjakarta)

Tatminingsih, Sri and Novita, Dian (2016) Kearifan Lokal dan Pembelajaran Era Digital: Antara Harapan dan Fakta (Persepsi Guru Tk di Wilayah Yogjakarta). In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).

[img]
Preview
Text
TING2016ST1-19.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kearifan lokal merupakan ciri khas bangsa yang harus dilestarikan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Proses pelestarian kearifan lokal ini sangat efektif dilakukan melalui pendidikan dan proses pembelajaran, salah satunya di Taman Kanak-kanak (TK). Dalam artikel ini dibahas tentang persepsi dan pendapat guru TK dan kepala TK tentang kearifan local khususnya lagu-lagu tradisional yang terdapat di Yogjakarta sebagai fakta yang ada. Sementara seharusnya (harapan) adalah proses pelestarian ini berlangsung lebih mudah pada era digital karena majunya teknologi yang mempermudah manusia memperoleh dan menyampaikan berbagai informasi dan pengetahuan. Data diperoleh melalui metode survei menggunakan instrumen berupa kuesioner dengan pertanyaan terbuka. Responden adalah 50 guru TK yang tinggal dan bekerja di wilayah Yogjakarta. Pengumpulan data dilakukan pada bulan September-November 2013. Hasil penelitian menunjukkan kearifan lokal yang diidentifikasi meliputi: 50 lagu tradisional, 24 permainan tradisional, 23 tarian tradisional dan 13 cerita tradisional. Lagu tradisional yang teridentifikasi yang masih dihafal syairnya oleh responden sebanyak 16 lagu. Selain itu, hampir semua responden menyatakan tidak pernah mengajarkan lagu tradisional ini kepada anak didiknya kecuali ada even yang mengharuskan mereka mengajarkannya.Selain itu mereka mengajarkan lagu-lagu tradisional masih dengan cara manual dan tidak memanfaatkan teknologi yang canggih dan modern. Hasil ini juga menunjukkan bahwa kearifan lokal khususnya lagu tradisional di wilayah Yogyakarta sebagian besar telah dilupakan oleh para guru TK di wilayah Yogjakarta. Hal ini cukup memprihatinkan mengingat sebagian mereka adalah penduduk asli yang lahir, besar hingga bekerja di Yogyakarta. Jika ini terus berlanjut maka kemungkinan besar kearifan lokal berupa lagu tradisional di daerah Yogyakarta akan hilang dan dilupakan oleh generasi berikutnya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): TING2016ST1-19.pdf
Uncontrolled Keywords: Kearifan Lokal Yogjakarta, Pembelajaran Di Era Digital, Harapan dan Fakta
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII
Depositing User: rudi sd
Date Deposited: 20 Mar 2017 07:17
Last Modified: 20 Mar 2017 07:17
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6492

Actions (login required)

View Item View Item