Penerapan Media Konkrit dalam Pembelajaran Proyek untuk Mengembangkan Kognitif pada Pendidikan Anak Usia Dini di TK Kelompok B

Haryati, Yuli and Ismartoyo, (2016) Penerapan Media Konkrit dalam Pembelajaran Proyek untuk Mengembangkan Kognitif pada Pendidikan Anak Usia Dini di TK Kelompok B. In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).

[img]
Preview
Text
TING2016ST2-01.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Agar tujuan yang diharapkan dapat terlaksana dan tercapai sebagaimana yang diharapkan, maka sebagai guru TK harus dapat menentukan media sebagai sumber belajar yang tepat. Media belajar yang tepat hendaklah disesuaikan dengan tema, tingkat perkembangan anak, maupun lingkungan. Untuk itu penulis melakukan pengamatan pada saat penelitian mengenai pembelajaran proyek. Penelitian tersebut bertujuan: mengetahui manfaat media konkrit dalam pembelajaran proyek untuk mengembangkan kognitif anak dan terciptanya pembelajaran yang menyenangkan, kreatif dan inovatif. Dalam pelaksanaan pembelajaran, kelas dibagi menjadi 9 kelompok, masing-masing terdiri dari 5 anak. Tugas sesuai dengan tema “Lingkunganku” yaitu dengan menanam berbagai macam sayuran, maupun tanaman obat untuk keluarga (toga). Berbagai media konkrit yang dipersiapkan adalah: macam-macam benih sayuran, serta macam-macam benih tanaman obat untuk keluarga, serta media untuk menanam, yaitu tanah dan tempat untuk menanam (polybag). Masing-masing kelompok ditugaskan untuk menanam dua jenis tanaman dalam polybag yang diberi nama tanamannya, lalu dikumpulkan. Hasil penelitian slklus 1, kemudian ditindak lanjuti pada siklus 2 menunjukkan adanya perkembangan pada masing-masing kelompok. Hal ini terlihat bahwa 7 kelompok (77,7%) sudah dapat menanam 2 macam dengan nama benar, sedangkan 2 kelompok (22,3%) dapat menanam 2 macam tetapi namanya kurang tepat. Dapat penulis simpulkan dari hasil pengamatan tersebut, bahwa penerapan media konkrit yang terdiri dari berbagai macam sayuran dan toga, sangat bermanfaat untuk mengembangkan kognitif anak TK di era sekarang ini.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): TING2016ST2-01.pdf
Uncontrolled Keywords: Media Konkrit, Pembelajaran Proyek, Pengembangan Kognitif
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.102 Teaching (Pendidikan, Pengajaran)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII
Depositing User: rudi sd
Date Deposited: 21 Mar 2017 06:37
Last Modified: 18 Oct 2018 04:46
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6515

Actions (login required)

View Item View Item