Prastya, Agus (2016) Strategi Pemilihan Media Pembelajaran Bagi Seorang Guru. In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).
|
Text
TING2016ST2-03.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
Media pembelajaran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar (PBM) demi mencapai tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan di sekolah. Guru dituntut untuk dapat memilih dan menggunakan media pembelajaran. Namun demikian, guru sering memilih media pembelajaran yang kurang tepat. Oleh karena itu, guru harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang media pembelajaran. Kompetensi dan strategi yang harus dimiliki guru dalam memilih media pembelajaran antara lain, media sebagai alat komunikasi guna mengefektifkan PBM, fungsi media dalam mencapai tujuan pendidikan, hubungan antara metode mengajar dan media pengajaran, pemilihan dan penggunaan media pembelajaran, nilai dan manfaat media pembelajaran, dan penggunaan media pembelajaran. Tujuan guru memilih media pembelajaran yakni untuk mendemonstrasikan seperti halnya pada kuliah tentang media, memperkenalkan siswa agar akrab dengan media tersebut, memberi gambaran atau penjelasan yang lebih konkrit, dan membuktikan bahwa media pembelajaran dapat berbuat lebih dari yang bisa dilakukan. Dasar strategi pertimbangan untuk memilih media sangatlah sederhana, yaitu memenuhi kebutuhan atau mencapai tujuan yang diinginkan. Media pembelajaran itu harus sesuai situasi dan kondisi, pakailah “ If the Media Fits, Use It.” Dari segi teori belajar, berbagai kondisi dan prinsip-prinsip psikologi yang perlu mendapat pertimbangan dalam strategi pemilihan dan penggunan media pembelajaran yakni: motivasi, emosi, perbedaan individual, tujuan pembelajaran, organisasi isi, persiapan sebelum belajar, partisipasi umpan balik, penguatan (reinforcement), latihan pengulangan, dan penerapan. Hasil menunjukkan bahwa guru yang dapat memilih media pembelajaran dengan tepat, pembelajaran menjadi effektif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Ini ditunjukkan melalui pencapaian hasil belajar siswa yang memuaskan. Dengan pemilihan dan penggunaan media pembelajaran yang tepat diyakini bahwa siswa mudah dan cepat memahami materi yang disampaikan guru.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information (ID): | TING2016ST2-03.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Proses Belajar Mengajar, Strategi Pemilihan Media Pembelajaran |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) |
Divisions: | Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII |
Depositing User: | rudi sd |
Date Deposited: | 21 Mar 2017 07:49 |
Last Modified: | 21 Mar 2017 07:49 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6518 |
Actions (login required)
View Item |