Prayitno, Edi (2016) Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Belajar Matematika Melalui Modul Elektronik. In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).
|
Text
TING2016ST2-07.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
Di antara kesibukannya sehari-hari, mahasiswa PGSD Universitas Terbuka dituntut menguasai sedikitnya 30 modul dalam waktu tiga bulan. Sering terjadi mahasiswa kurang melakukan persiapan atau melakukan belajar “kebut satu atau dua malam menjelang ujian akhir semester.” Di tengah kesibukannya, mereka merasa enggan membawa bahan ajar kemana-mana untuk dipelajari. Untuk meluangkan waktu belajar di malam hari mereka kesulitan untuk melawan rasa lelah dan kantuk setelah melakukan berbagai tugas di siang hari. Dengan dilatarbelakangi kondisi mahasiswa ini, pada masa registrasi 2015.1 dikembangkan modul elektronik yang bisa diakses melalui telepon genggam. Modul elektronik untuk khusus digunakan untuk tutorial mata kuliah Pendidikan Matematika 2 Program Studi PGSD UT. Tutorial dilaksanakan dengan model Guided Note Taking. Modul Elektronik yang berisi tugas meresume materi modul dan pengayaannya diunggah ke sebuah akun. Mahasiswa dapat mengakses akun tersebut dengan telepon genggam setiap saat di sela-sela kesibukannya. Pada saat mahasiswa memutuskan untuk membuka modul elektronik, secara mental dia sudah siap untuk belajar. Belajar dengan kondisi mental yang sudah siap akan menghasilkan hasil belajar yang maksimal karena dapat menghasilkan retensi informasi yang lebih lama dalam ingatan. Esensi materi dalam modul elektronik membantu mahasiswa memfokuskan belajara pada materi inti, hal ini memungkinkan mahasiswa untuk menguasai materi dalam waktu singkat. Kualitas belajar dapat berlangsung secara optimal. Kemudahan mengakses materi melalui telepon pintar memungkinkan mahasiswa belajar kapanpun siap belajar dan dimanapun berada. Modul elektronik menghapus segala hambatan waktu, tempat, kondisi dan keterbatasan sarana belajar. Modul elektronik meningkatkan kualitas dan kuantitas belajar matematika. Kata Kunci:
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information (ID): | TING2016ST2-07.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Modul Elektronik, Guided Note Taking, Kualitas dan Kuantitas Belajar |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar) |
Divisions: | Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII |
Depositing User: | rudi sd |
Date Deposited: | 22 Mar 2017 01:43 |
Last Modified: | 22 Mar 2017 01:43 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6522 |
Actions (login required)
View Item |