Penerapan Metode E-Learning Menggunakan Edmodo di SMK Gema Bangsa Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Bidang Iptek

Fahrudin, Eva and Rohmani, Muhamad (2016) Penerapan Metode E-Learning Menggunakan Edmodo di SMK Gema Bangsa Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Bidang Iptek. In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).

[img]
Preview
Text
TING2016ST2-11.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin cepat. Di setiap tempat orang menggunakan teknologi sebagai acuan untuk meningkatkan mutu atau kualitas maupun kuantitas hasil kerja di suatu instansi seperti di dunia pendidikan. Oleh karena itu, SMK Gema Bangsa membuat suatu metode pembelajaran berbasis E-learning dengan edmodo untuk meningkatkan mutu hasil belajar siswa di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Metode pembelajaran berbasis E-learning juga digunakan untuk mengatasi masalah proses pembelajaran yang kurang efektif di kelas 11 semester 1 dikarenakan kegiatan prakerin (Praktek Kerja Industri). Istilah e-learning (electronic learning) dalam dunia pendidikan merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan. E-learning dapat diartikan sebagai pembelajaran jarak jauh dengan media internet. Dengan adanya pembelajaran menggunakan metode e-learning mutu pembelajaran dan kemandirian siswa dapat ditingkatkan, dan membuat siswa menjadi lebih dekat dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedangkan edmodo sendiri merupakan sebuah Learning Management System (LMS) yang menyediakan beragam fitur yang biasa di manfaatkan oleh guru untuk kegiatan pembelajaran. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis E-learning dengan edmodo dapat memecahkan masalah yang terjadi di kelas 11 yang mengikuti kegiatan prakerin (Praktek Kerja Industri) sehingga pembelajaran di kelas 11 tetap dapat berjalan secara efektif dan efisien. Kata Kunci :

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): TING2016ST2-11.pdf
Uncontrolled Keywords: IPTEK, E-learning, Edmodo
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Prosiding Seminar > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII
Depositing User: rudi sd
Date Deposited: 23 Mar 2017 02:41
Last Modified: 23 Mar 2017 02:41
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6532

Actions (login required)

View Item View Item