Pembinaan Sikap Sopan Santun Melalui Pemanfaatan Powerpoint di SD Muhammadiyah Piyungan Bantul D.I.Yogyakarta

Martono, (2016) Pembinaan Sikap Sopan Santun Melalui Pemanfaatan Powerpoint di SD Muhammadiyah Piyungan Bantul D.I.Yogyakarta. In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).

[img]
Preview
Text
TING2016ST2-20.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kegelisahan dan kekhawatiran orang tua tentang merosotnya karakter anak khususnya dalam hal sopan santun akhir-akhir sudah pada fase memprihatinkan. Hilangnya sopan santun anak baik kepada teman sebaya, orang tua maupun guru sudah sangat masif. Upaya memperbaiki atau mengembangkan sopan santun kepada anak didik perlu mendapat perhatian dari semua pihak baik orang tua, masyarakat maupun sekolah dan lembaga pendidikan keagamaan di masyarakat. Sekolah merupakan lembaga resmi dari pemerintah secara moral berkewajiban untuk menanamkan nilai sopan santun kepada anak didiknya. Keberhasilan sekolah membina sopan santun kepada para anak didiknya merupakan gambaran kesuksesan dan ketentraman lahir batin baik orang tua maupun masyarakat. Salah satu media yang dikembangkan oleh guru adalah media powerpoint. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pentingnya pembinaan sikap sopan santun pada para siswa. Pudarnya sikap sopan santun yang dialami oleh para siswa memicu guru untuk mengembangkan metode dan media yang efektif dalam upaya pembinaan sikap sopan santun anak. Salah satu media yang dipilih adalah microsoft powerpoint. Pemanfaatan media powerpoint dalam upaya guru untuk membina sikap sopan santun para anak didiknya. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses belajar mengajar dengan pemanfaatan powerpoint adalah : 1) Guru dituntut untuk menguasai penggunaan media powerpoint, 2) substansi yang tertuang dalam powerpoint harus sesuai dengan tuntutan moral yang ditentukan yaitu tumbuhnya sikap sopan santun pada siswanya, 3) Guru harus mampu melakukan evaluasi di akhir pembelajaran maupun di waktu lain, 4) Sikap sopan santun merupakan bagian yang terpenting dalam menentukan nilai mata pelajaran yang diberi tuntutan untuk itu.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): TING2016ST2-20.pdf
Uncontrolled Keywords: Pembinaan. Sopan Santun, Power Point.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Prosiding Seminar > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII
Depositing User: rudi sd
Date Deposited: 23 Mar 2017 04:43
Last Modified: 23 Mar 2017 04:43
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6543

Actions (login required)

View Item View Item