Pengaruh Pendekatan Saintifik yang Dipadukan dengan Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual dan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Penalaran Matematika

Ni'ammullah, (2015) Pengaruh Pendekatan Saintifik yang Dipadukan dengan Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual dan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Penalaran Matematika. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42600.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pendekatan Saintifik yang dipadukan dengan penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pendekatan Saintifik yang dipadukan dengan penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan penalaran matematika, serta manakah yang lebih efektif antara pendekatan saintifik yang dipadukan dengan penggunaan model pembelajaran kontekstual dan model pembelajaran inkuiri dalam mempengarubi kemampuan penalaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif karena dalam prosedur dan analisisnya peneliti menggunakan analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah selurub Siswa Kelas VIII MTsN Rogojampi Kabupaten Banyuwangi yaitu sebanyak 312 orang dan sampel penelitian ini adalah siswa dari dua kelas yang dipilih dengan cara mengundi kelas-kelas tersebut sebagai kelas uji coba atau kelompok kelas eksperimen. Metode analisis data menggunakan analisis independent sample t-test yang Dilakukan dengan bantuan program SPSS for wimdows. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan penalaran matematika pada siswa kelas VIII MTsN Rogojampi Kabupaten Banyuwangi yang diajar dengan Pendekatan Saintifik yang dipadukan dengan penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Leaming/CTL) lebih baik daripada siswa yang diajar dengan metode konvensional. Kemampuan penalaran matematika pada siswa kelas VIII MTsN Rogojampi Kabupaten Banyuwangi yang diajar dengan Pendekatan Saintifik yang dipadukan dengan penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri lebih baik daripada siswa yang diajar dengan metode konvensional. Kemampuan penalaran matematika pada siswa kelas VIII MTsN Rogojampi Kabupaten Banyuwangi yang diajar dengan Pendekatan Saintifik yang dipadukan Dengan penggunaan model pembelajara konstektualtidak lebih baik daripada siswa yang diajar Pendekatan Saintifik yang dipadukan dengan penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42600.pdf
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Lerning/CTL, Inquiry Learning Model, and mathematical reasoning ability, Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Leming/CTL), Model Pembelajaran Inkuiri, dan kemampuan penalaran matematika
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 12 Jul 2017 09:18
Last Modified: 27 Feb 2019 09:30
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6782

Actions (login required)

View Item View Item