Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa SMP

B. M., Sumbogo (2015) Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa SMP. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42585.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menelaah pengaruh metode penemuan terbimbing terhadap peningkatan kemampuan berpikir matematis dan motivasi belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan metode penemuan terbimbing. Desain penelitian dalam penelitian ini eksperimen semu yang terdiri atas dua kelompok penelitian yaitu kelas eksperimen (metode penemuan terbimbing) dan kelas kontrol. Pertimbangan penggunaan desain penelitian ini adalah bahwa kelas yang ada sudah terbentuk sebelumnya, sehingga tidak dilakukan lagi pengelompokkan secara acak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Siswa SMP Negeri 1 Banjar Margo Tahun Pelajaran 2013/2014 semester genap. Banyak siswa kelas VIII seluruhnya adalah 242 siswa yang didistribusikan ke dalam 8 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang masingmasing berjumlah 32 dan 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes kemampuan berpikir matematis dan angket motivasi siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa yang memperoleh metode pembelajaran penemuan terbimbing lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) Peningkatan motivasi belajar siswa yang memperoleh metode pembelajaran penemuan terbimbing lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini membuktikan bahwa metode penemuan terbimbing berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42585.pdf
Uncontrolled Keywords: Mathematical Thinking Progress, Guided Invention Method, and Students' Motivation Leaming, Kemampuan berpikir matematis, metode penemuan terbimbing,motivasi belajar siswa
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 25 Jul 2017 09:08
Last Modified: 25 Jul 2017 09:08
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6822

Actions (login required)

View Item View Item