Susita, Eka (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Teknik GNT Terhadap Hasil Belajar Pada Konsep Organisasi Kehidupan Kelas VII SMPN 04 Mukomuko. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42567.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak manajemen kelas model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan teknik GNT terhadap hasil belajar siswa pada konsep organisasi kehidupan kelas VII SMPN 04 Mukomuko. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain digunakan adalah flvo group pretest-post/est design, yaitu desain yang dilakukan terhadap dua kelas subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN 04 Mukomuko.Sedang sample penelitian diambil dengan teknik simple random sampling Sample yang diambil yaitu kelas VII c sebagai kelas eksperimen (yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan Teknik GNT),dan kelas VII b sebagai kelas kontrol (yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD saja).Intrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda dengan jumlah 20 soal yang dilakukan dengan dua tahap yaitu pretest dan post test. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t, dan berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung = 3,87 dan ttabel = 1,67 dengan taraf signifikan 5%. Ini berarti bahwa thitung > ttabel ( 3,87> 1,67 ) Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division (STAD ) dengan tipe Guided Note Taking ( GNT) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada Konsep Organisasi Kehidupan kelas VII SMPN 04 Mukomuko.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 42567.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Class Manajement, Cooperative learning model, GNT technique, The result of learning, Manajemen Kelas, Model Kooperatif Tipe STAD, Teknik GNT,Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 26 Jul 2017 07:44 |
Last Modified: | 26 Jul 2017 07:44 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6825 |
Actions (login required)
View Item |