Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Program Linier Siswa Kelas XII IPA Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Mataram

Indrajaya, (2015) Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Program Linier Siswa Kelas XII IPA Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Mataram. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42403.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dengan tingkat kemampuan tinggi, siswa dengan kemampuan sedang dan siswa dengan kemampuan rendah dalam menyelesaikan soal cerita yang terkait dengan materi program linier. Jenis penelitian ini adalah eskploratif bersifat kualitatif yang dilaksanakan di MAN I Mataram. Instrumen yang digunakan adalah tes masalah soal cerita dan pedoman wawancara yang tidak terstruktur. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 6 orang yang terbagi atas 2 orang siswa dengan kategori kemampuan tinggi, 2 orang siswa dengan kategori kemampuan sedang dan 2 orang siswa dengan kategori kemampuan rendah. Hasil Penelitian ini adalah (1) Letak kesalahan menyelesaikan soal cerita program Iinier subjek dengan kategori kemampuan tinggi yaitu transformation error dan process skill error. Jenis kesalahan yang dila.lrukan adalah kesalahan fok"ta dan kesalahan operasi; (2) Letak kesalahan menyelesaikan soal cerita program linier subjek dengan kategori kemampuan sedang yaitu transformation error, process skill error dan encoding error. Jenis kesalahannya adalah kesalahan fakta, kesalahan konsep dan kesalahan operasi; (3). Letak: kesalahan menyelesaikan soal cerita pada materi program linier untuk subjek kemampuan rendah yaitu reading error, transformation error, process skill error dan encoding error. Jenis kesalahannya adalah kesalahan konsep, kesalahan fakta,kesalahan operasi dan kesalahan prinsip.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42403.pdf
Uncontrolled Keywords: essay questions, linier program, error analysis, students, Soal Cerita, Program linier, Analisis Kesalahan, Siswa.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Apr 2019 09:04
Last Modified: 15 Apr 2019 09:04
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6876

Actions (login required)

View Item View Item