Persepsi Masyarakat Tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Melalui Program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) Terhadap Kepuasan Masyarakat Rawat Inap pada Puskesmas Tanah Pasir Kabupaten Aceh Utara

Ishak, (2015) Persepsi Masyarakat Tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Melalui Program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) Terhadap Kepuasan Masyarakat Rawat Inap pada Puskesmas Tanah Pasir Kabupaten Aceh Utara. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42733.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan kesehatan,kepuasan masyarakat rawat inap, persepsi masyarakat tentang kualitas pelayanan kesehatan, serta memperoleh informasi tentang upaya-upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kepuasan masyarakat rawat inap terhadap pelayanan kesehatan melalui Program JKA di Puskesmas Tanah Pasir Kabupaten Aceh Utara. Metode penelitian ini adalah regresi tinier berganda terhadap data-data kuantitatif dan didukung analisis Miles dan Hubermann untuk data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima dimensi pelayanan memperoleh nilai dengan kategori "baik". Hasil penilaian atas kualitas pelayanan rawat inap melalui Program JKA di Puskesmas Tanah Pasir Kabupaten Aceh Utara tergolong memuaskan. Hasil penilaian atas kepuasan pasien atas pelayanan rawat inap melalui Program JKA di Puskesmas Tanah Pasir Kabupaten Aceh Utara juga tergolong memuaskan. Kondisi umum yang ada adalah apa yang diharapkan oleh pasien terpenuhi sesuai dengan kinerja organisasi, yang terwujud dalam kerja seluruh karyawan yang ada, baik sifatnya bersentuhan langsung dengan pasien atau tidak langsung. Ha diterima diperlihatkan oleh hasil uji signifikansi yaitu nilai alpha signifikansi lebih kecil dari pada alpha pengujian yaitu untuk dimensi tangible (0,045 < 0,05) sehingga Ha diterima dan dimensi emphaty (0,009 < 0,05) sehingga juga Ha diterima. Kriteria Ha diterima menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan secara parsial dari dimensi tangible dan dimensi emphaty terhadap kepuasan pasien rawat inap. Adapun dimensi lainnya terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial dari dimensi reliability, responsiveness, assurance terhadap kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42733.pdf
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat
Subjects: 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 368.4 Government Sponsored Insurance (Asuransi Jaminan Sosial Pemerintah)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 25 Sep 2017 04:21
Last Modified: 14 Oct 2018 06:08
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6931

Actions (login required)

View Item View Item