Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah (Studi terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri I Padangcermin Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014)

Hendy, Windya Septa (2014) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah (Studi terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri I Padangcermin Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42717.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masaalah dan disposisi matematis merupakan kemampuan berpikir dan sikap matematis yang harus dimiliki siswa. Melalui penerapan pembelajaran matematika realistik diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan disposisi matematis siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen semu, yaitu pretest-posttest control group design dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri I Padangcermin tahun pelajaran 2013/2014. Melalui teknik Purposive Random Sampling diperoleh kelas VII.A dan VII.B sebagai sampel penelitian. Analisis data yang digunakan adalah tes parametrik. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh PBM lebih tinggi dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh PBM lebih tinggi dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42717.pdf
Uncontrolled Keywords: PBM, problem solving ability, mathematic disposition, kemampuan pemecahan masalah, disposisi matematis
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 09 Nov 2017 08:23
Last Modified: 09 Nov 2017 08:23
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7018

Actions (login required)

View Item View Item