Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Dengan Bantuan Media Software Geogebra Dalam Mengajarkan Materi Persamaan Lingkaran Pada Kelas XI IPA SMAN 4 Kota Bima

Syukriati, (2013) Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Dengan Bantuan Media Software Geogebra Dalam Mengajarkan Materi Persamaan Lingkaran Pada Kelas XI IPA SMAN 4 Kota Bima. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42643.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Lembar Kerja Siswa berbasis inkuiri dengan bantuan media Software geogebra dalam mengajarkan materi persamaan lingkaran pada kelas XI IP A SMAN 4 Kota Bima, dengan teknik random sederhana. Desain penelitian menggunakan desain satu grup dengan menggunakan tes hasil belajar. Salah satu strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa dan untuk mengurangi kesulitan belajar karena materi yang sangat abstrak adalah model pembelajaran Inkuiri. Salah satu materi pembelajaran yang dianggap sulit oleh siswa adalah geometri, dan persamaan lingkaran adalah bagian dari geometri. Uniuk memudahkan siswa dalam latihan dan percobaan-percobaan eksplorasi, pemecahan masalah persamaan lingkaran dengan menggunakan LKS berbasis Inkuiri siswa difasilitasi dengan media Software Geogebra karena pada Software Geogebra terdapat Lembar Kerja Dinamis (LKD). LKD dapat diperoleh langsung dalam jendela Geogebra yang fungsinya sama dengan LKS, perbedaannya LKD lebih dinamis karena berupa Software. Instrumen penelitian yang digunakan adalah: observasi kegiatan guru dalam mengelola pembelajaran; observasi aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung; dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: observasi kegiatan gum dalam mengelola pembelajaran pada kategori baik; observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung pada kategori baik; dan tes hasil belajar dari 36 siswa yang mcncapai KKM sebanyak 33 siswa, jika dihitung secara presentase maka memperoleh hasil 91,67 %. Jika dilihat dari standar ketuntasan secara klasikal, bahwa jika siswa yang mendapat nilai lebih dari atau sama dengan 65 mencapai lebih dari atau sama dengan 85% dari jumlah siswa, menunjukkan hasil ketuntasan secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa: Penggunaan LKS berbasis inkuiri dengan bantuan media software Geogebra efektif dalam mengajarkan materi persamaan lingkaran pada kelas XI IP A SMAN 4 Kota Bima. Hal ini dapat dilihat dari l ). Kemampuan guru dalam mengelola dan menerapkan pembelajaran LKS berbasis ingkuiri dengan bantuan software Geogebra di kategorikan baik. 2) Aktifitas siswa dalam kegiatan Pembelajaran pada setiap fase inkuiri dengan bantuan software Geogebra juga pada kategori baik. 3) Tes hasil belajar dikatakan memenuhi kriteria ketuntasan belajar minimal secara klasikal jika banyak siswa yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 65 mencapai 85 %. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah mencapai 91,67%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42643.pdf
Uncontrolled Keywords: LKS, lnkuiri, Sofware GeoGebra, Hasil Belajar, Persamaan Lingkaran, Student’s Worksheet’s, Inquiry, GeoGebra Sofware, Result of Study
Subjects: 000 Generalities > 000-009 Knowledge - Special Computer Methods (Ilmu Umum dan Komputer) > 004.0151 Computers Mathematical Principles (Prinsip Matematika dalam Ilmu Komputer)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 18 Jan 2018 07:56
Last Modified: 18 Jan 2018 07:56
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7180

Actions (login required)

View Item View Item