PEKI4501 sebagai Sarana Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menggunakan Metode Pembelajaran IPA yang Inovatif

Sunarsih, Deetje (2013) PEKI4501 sebagai Sarana Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menggunakan Metode Pembelajaran IPA yang Inovatif. In: Temu Ilmiah Nasional Guru V, 2013, Pondok Cabe.

[img]
Preview
Text
L0035_18.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

PEKI4501 adalah mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) untuk mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Kimia FKIP-UT. Melalui mata kuliah PKP mahasiswa (yang juga guru) diharapkan akan memiliki kemampuan profesional yang lebih baik dalam menerapkan prinsip-prinsip Penelitian Tindakan Kelas (PTK), karena mata kuliah PKP bertujuan agar mahasiswa berlatih untuk menemukan, menganalisis, dan merumuskan masalah pembelajaran yang dihadapi, menemukan dan merancang pemecahan masalah tersebut melalui rencana perbaikan pembelajaran, melaksanakan perbaikan pembelajaran, menemukan kekuatan dan kelemahan kinerja sendiri dalam perbaikan pembelajaran, serta mempertanggung-jawabkan secara ilmiah tindakan perbaikan pembelajaran yang dilakukan. Dari laporan mahasiswa yang penulis bimbing dapat dikemukakan bahwa dengan mengikuti mata kuliah PEKI4501, mahasiswa mampu meningkatkan hasil belajar siswanya. Hal tersebut disebabkan mahasiswa ketika melakukan perbaikan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran yang inovatif seperti metode inkuiri dan model pembelajaran kooperatif (tipe STAD, Jigsaw). Sebagai contoh, dengan menggunakan metode inkuiri, hasil belajar siswa tentang IPA meningkat dari rata-rata 73,55 pada pra siklus, menjadi 80,09 pada siklus 1, dan 91,14 pada siklus 2 (setelah perbaikan pembelajaran ke 2). Contoh lain: penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI tentang Hidrokarbon, dari 63,1 pada pra siklus, menjadi 77,1 pada siklus 1, dan 81,3 pada siklus 2.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): L0035_18
Uncontrolled Keywords: perbaikan pembelajaran, metode pembelajaran yang inovatif, hasil belajar.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru V
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 23 Apr 2018 03:46
Last Modified: 26 Sep 2018 03:36
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7293

Actions (login required)

View Item View Item