Pengaruh Kualitas Pelayanan Aparatur Badan Penanggulangan Bencana Daerah Terhadap Kepuasan Masyarakat Korban Gempa Di Kabupaten Bener Meriah

Hadiananta, Sahruna (2016) Pengaruh Kualitas Pelayanan Aparatur Badan Penanggulangan Bencana Daerah Terhadap Kepuasan Masyarakat Korban Gempa Di Kabupaten Bener Meriah. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42957.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan aparatur Badan Penanggulangan Bencana Daerah terhadap masyaraat korban gempa di kabupaten bener Meriah dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada responden dalam masa pelayanan pasca gempa untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat di kabupaten Bener Meriah. Respon terhadap kuesioner adalah memilih satu pilihan pada setiap jawaban yang sudah dilakukan proses kuantifikasi. Lokasi penelitian yang digunakan adalah Badan Penanggulangan Bencana daerah dengan jumlah responden adalah sebanyak 98 orang. Sementara itu subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat korban gempa dengan teknik pengambilan sampel penelitian secara nonprobability sampling yaitu Accidental. Teknik analisa data yang digunakan dalam peneilitan ini akan diolah menggunakan persamaan Regresi Liner Berganda dengan bantuan SPSS versi 19. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh variabel kualitas pelayanan secara simultan terhadap kepuasan masyarakat korban gempa di Kabupaten Bener Meriah. Hal ini dapat dilihat dari hasil perbandingan nilai F1iitung> Ftabel yaitu 51,885 >1,665 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan aparatur Badan Penanggulangan Bencana Daerah secara simultan kepada masyarakat korban gempa di kabupaten Bener Meriah berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat korban gempa di Kabupaten Bener Meriah. Sementara itu, kualitas pelayanan aparatur Badan Penanggulangan Bencana Daerah secara. secara parsial menunjukkan tidak terdapat pengaruh wujud fisik (X1) dan Empati (X2) terhadap terhadap produk atau jasa yang diterima oleh masyarakat korban gempa di kabupaten Bener Meriah. Namun demikian, kualitas pelayanan aparatur Badan Penanggulangan Bencana Daerah secara secara parsial menunjukkan terdapat pengaruh Kehandalan (X3), Jaminan (X4 ), dan Daya tanggap (XS) terhadap terhadap produk atau jasa yang diterima oleh masyarakat korban gempa di kabupaten Bener Meriah. Berdasarkan hasil penjelasan temuan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial hanya kehandalan, jaminan daya tanggap yang berpengaruh terhadap terhadap produk atau jasa yang diterima oleh masyarakat korban gempa di kabupaten Bener Meriah. Sementara itu, secara simultan kualitas pelayanan aparatur Badan Penanggulangan Bencana Daerah berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat korban gempa di Kabupaten Bener Meriah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42957.pdf
Uncontrolled Keywords: Quality Service, Public Satisfaction, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 28 Jun 2018 07:54
Last Modified: 28 Jun 2018 07:54
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7381

Actions (login required)

View Item View Item