Ramadani, (2016) Pengembangan Kemampuan Profesional Guru Taman Kanak-Kanak Bersertifikasi. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
cvr.pdf Download (161kB) | Preview |
Abstract
Sertifikasi guru adalah proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru yang telah memenuhi persyaratan tertentu, yaitu memiliki kualifikasi akademik,kompetensi, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Masalah dalam penelitian ini adalah masih ada guru yang sudah punya sertifikat pendidik yang belum profesional seperti yang diharapkan pada tujuan sertifikasi. Subjek dari penelitia merupakan guru taman kanak-kanak yang sudah bersertifikasi di kecamatan Harau. Prosedur pengumpulan data sekunder dari dinas pendidikan data guru TK bersertifikasi, dan data primer menggunakan metode teknik studi lapangan dengan jalan wawancara, observasi dan dokumentasi. Imforman yang digunakan sebanyak sepuluh orang imforman. Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan,mengumpulkan data-data dan sumber-sumber kepustakaan yang berkaitan erat dengan penelitian ini. Sumber kepustakaan seperti textbook, jurnal penelitian, karya ilmiah, serta peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik, yang berarti menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda-beda untuk mendapatkan data dari sumber yang sama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: ( 1 )Pengembangan profesional yang dilakukan guru TK bersertifikasi (2)Upaya-upaya yang dilakukan guru TK dalam mengembangkan profesional. (3) Hambatan guru TK tentang pengembangan profesional setelah di sertifikasi. ( 4)Upaya yang dilakukan guru TK untuk mengatasi hambatan pengembangan profesionalnya. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan : ( 1) Pandangan guru mengenai pengembangan profesional guru TK bersertifikasi yaitu upaya untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan yang dimiliki guru seiring berkembangannya zaman; (2) Upaya yang dilakukan guru TK untuk pengembangan profesional yaitu seminar, workshop, pelatihan dan kegiatan kolektif guru seperti pembinaan dari pengawas dan kepala sekolah, KKG, IGTKI;(3) Hambatan yang ditemui dalam pengembangan profesional yaitu dari diri sendiri kurangnya waktu dan biaya serta kurangnya kemampuan dan kemauan,sementara dari lembaga berupa kurangnya dana dan sarana pendukung; dan (4)Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yaitu dapat membagi waktu atau manajemen waktu dengan sangat baik, rela mengeluarkan dana sendiri, dan bersemangat menutupi kemampuan yang kurang serta kemauan dengan tetap memotivasi diri untuk belajar supaya lebih maju lagi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 42913.pdf |
Uncontrolled Keywords: | professional devefopment of kindergarten teacher, teacher Certification, Pengembangan Profesional Guru TK, Sertifikasi Guru |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 19 Sep 2018 06:55 |
Last Modified: | 19 Sep 2018 06:55 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7418 |
Actions (login required)
View Item |