Putri, Tenti (2016) Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Kerja Guru Dan Kinerja Guru Di SD Negeri Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh Kota. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
cvr.pdf Download (302kB) | Preview |
Abstract
Isu terhadap rendahnya kualitas pendidikan, serta tuntutan terhadap peningkatan kualitas saat ini selalu menjadi perdebatan. Profesi guru memiliki peranan yang sangat penting dalam peningkatan kualitas layanan dan hasil pendidikan. Kualitas pendidikan akan terwujud jika proses belajar mengajar di kelas berlansung dengan baik. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan adanya komponen yang mendukung salah satunya adalah kinerja guru yang profesional. Kinerja guru dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya profesionalisme guru dan motivasi kerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh profesionalisme guru terhadap motivasi kerja guru dan kinerja guru SD Negeri Kecamatan Payakumbuh. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) Profesionalisme guru berpengaruh terhadap motivasi kerja guru, (2) Motivasi kerja guru berpengaruh terhadap kinerja guru, (3) Profesionalisme guru berpengaruh terhadap kinerja guru, (4) Profesionalisme guru berpengaruh terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri di Kecamatan Payakumbuh yang bersertifikat profesi berjumlah 172 orang. Sampel penelitian berjumlah 63 orang yang dipilih melalui teknik Random Sampling, dengan mengunakan rumus Slovin. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket model skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) profesionalisme guru berpengaruh terhadap motivasi guru sebesar 99,2%, (2) motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 93,3%,(3) Profesionalisme guru berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 92, 7%,( 4) Profesionalisme guru berpengaruh terhadap kinerja guru melalui Motivasi kerja guru sebesar 93,3%. Selanjutnya hasil analisis deskriptif mengungkap bahwa kinerja guru, profesionalisme guru, dan motivasi kerja guru masih berada pada kategori cukup dengan tingkat ketercapaian skor masing-masingnya sebesar 71,6%, 71,66%, dan 71,075% dari skor ideal. Temuan di atas mengimplikasikan bahwa profesionalisme guru dan motivasi kerja guru adalah dua faktor yang berpengaruh terhdap kinerja guru, akan tetapi masih banyak faktor lain yang ikut berpengaruh terhadap kinerja guru yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 42877.pdf |
Uncontrolled Keywords: | teacher professionalism, work motivation, teachers performance, Profesionalisme Guru, Motivasi Kerja guru, Kinerja guru. |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 21 Sep 2018 09:17 |
Last Modified: | 21 Sep 2018 09:17 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7430 |
Actions (login required)
View Item |