Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik Siswa

Sakiyan, Mohammad (2016) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik Siswa. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
cvr42910.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (214kB) | Preview

Abstract

Matematika adalah salah satu subjek kurikulum yang memiliki hubungan dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pembelajaran matematika diharapkan untuk mengembangkan (1) sikap logis, (2) analisis dan konsisten berpikir, (3) perhitungan yang akurat, (4) kerja yang be1tanggungjawab, (5) responsifbicara, dan tidak membuat siswa mudah menyerah dalam melakukan sesuatu. Dengan memiliki kemampuan yang demikian ini diharapkan siswa dapat meningkatkan cara memecahkan masalah dan berkomunikasi matematis baik dalam dunia pendidikan maupun dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan yang demikian adalah dengan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Di dalam pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ini kelas dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang beranggotakan empat atau lima siswa. Tiap kelompok diberi tugas yang sama yang terditi dari beberapa topik sesuai dengan banyak anggota kelompok. Masing-masing siswa dalam satu kelompok belajar memilih satu topik pembelajaran yang menjadi tanggung jawabnya. Setelah itu setiap siswa yang mendapat tugas yang sama dengan siswa kelompok lain bergabung membentuk kelompok baru yang dinamakan kelompok ahli. Mereka membahas topik pembelajaran yang menjadi tanggung jawabnya sampai tuntas. Setelah itu mereka kembali ke kelompok asal dan mengajari anggota kelompok asal lain secara bergantian. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan populasi siswa kelas IX SMP Negeri 8 Kota Probolinggo tahun pelajaran 2014/2015 dengan sampel kelas IX.1 dan kelas IX.3. Data yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan dua macam cara yaitu ( 1) memberikan tes pada siswa dan (2) melakukan obsevasi terhadap pelaksanaan pembelajaran. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan tes kemampuan komunikasi matematisl. Analisis data dilakukan secara kuantitatif yaitu dengan menghitung statistik deskriptif skor pretest, skor posttest, dan skor N-Gain meliputi skor terendah, skor tertinggi, rata-rata, dan simpangan baku. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dan (3) interaksi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematik siswa sangat kuat dan positif, artinya pada pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, semakin baik hasil belajar pemecahan masalah matematis, maka semakin baik pula hasil belajar komunikasi matematisnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42910.pdf
Uncontrolled Keywords: problem solving, mathematical communication, Jigsaw cooperative learning,the experimental class, control class., pemecahan masalah, komunikasi matematik, embelajaran kooperatif tipe Jigsaw, kelas eksperimen, kelas kontrol.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 25 Sep 2018 06:36
Last Modified: 25 Sep 2018 06:38
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7445

Actions (login required)

View Item View Item