Rabby, Besti (2016) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Guru (Studi pada Gugus I dan II Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota). Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42878.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan kepuasan kerja guru di Gugus I dan II Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota masih rendah. Ini terlihat dari kurangnya kesungguhan guru dalam melaksanakan tugas dan masih adanya guru yang tidak tepat waktu dalam menyelesaikan tugas. Rendahnya kepuasan kerja guru perlu perhatian dan kepedulian dari kepala sekolah. Kepala sekolah diharapkan dapat menyelesaikan persoalan, mengambil keputusan dan mengambil kebijakan dengan melibatkan guru. Keberhasilan dan kegagalan guru merupakan cerminan langsung keberhasilan dan kegagalan pimpinannya. Untuk itu kepala sekolah perlu menggerakkan, memotivasi dan mendorong guru agar semangat disekolahnya dalam melakukan tugasnya dengan baik. Selanjutya peneliti menduga bahwa gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dan motivasi kerja mempengaruhi kepuasan kerja guru. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert. Instrumen penelitian yang digunakan untuk variabel kepuasan kerja sebanyak 27 pemyataan terdiri dari 5 indikator, gaya kepemimpinan partisispatif sebanyak 27 butir pemyataan terdiri dari 4 indikator dan motivasi kerja 27 pemyataan yang terdiri dari 5 indikator. Populasi penelitian adalah guru Sekolah Dasar Negeri di Gugus I dan II Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota sebanyak 102 orang dengan sampel 63 orang. Data dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi berganda. Hasil perhitungan pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif terhadap kepuasan kerja sebesar 6,96%, pengaruh motivasi kerja terhadap kepuasan kerja sebesar 16,64%, pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif terhadap motivasi kerja sebesar 48,31 % dan pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja guru dengan besar 15,36%. Temuan di atas mengimplikasikan bahwa gaya kepemimpinan partisispatif kepala sekolah dan motivasi kerja adalah dua faktor yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan kerja guru, akan tetapi masih banyak faktor lain yang ikut berpengaruh terhadap kepuasan kerja guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 42878.pdf |
Uncontrolled Keywords: | gaya kepemimpinan partisipatif, motivasi kerja, kepuasan kerja, participatory leadership style, employee motivation, job satisfaction |
Subjects: | 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 12 Nov 2018 03:54 |
Last Modified: | 12 Nov 2018 03:54 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7548 |
Actions (login required)
View Item |