Anggreini, Nunik (2016) Pengaruh Kualitas Pelayanan Air Bersih Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada PDAM di Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tuding. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42888.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian yang berjudul Pengaruh Kualitas Pelayanan Air bersih Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PDAM Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung. Didasarkan pada permasalahan yang menyangkut kepuasan pelanggan dalam hal ini terkait dengan kualitas pelayanan yang belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tangible, responsiveness, reliability, assurance dan emphaty terhadap kepuasan pengguna PDAM di Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung . Penelitian ini menggunakan metode survei dengan populasi semua pelanggan PDAM Sesayap Kabupaten Tana Tidung dengan jumlah sampel sebanyak 68 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling Teknik analisis menggunakan analisis koefisien korelasi dan determinasi, uji t dan uji F dengan menggunakan software SPSS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa bukti fisik (tangible) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan PDAM Sesayap Kabupaten Tana Tidung. Daya tanggap (responsiveness) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan PDAM Sesayap Kabupaten Tana Tidung. Kehandalan (reliability) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan PDAM Sesayap Kabupaten Tana Tidung. Jaminan (assurance) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan PDAM Sesayap Kabupaten Tana Tidung. Empati (emphaty) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan PDAM Sesayap Kabupaten Tana Tidung.
Actions (login required)
View Item |